IKLAN

Sabtu, 06 Februari 2016

Touring Menjelajahi 3 Provinsi


       Alhasil, waktu terus beranjak dan menunjukkan hampir pukul setengah tiga sore. Wah, dah kesorean nih berada di tempat wisata alam Air Terjun Temam di Lubuk Linggau. Rombongan kami segera berkemas-kemas untuk melanjutkan perjalanan pulang ke Palembang. Sontak alam pikiranku membayangkan rumah dan tempat tidur yang nyaman. Pengen segera meluruskan pinggang dan beristirahat. Rebahan dan tidur pulas sambil meluk bantal saking capeknya, haha...


Cerita sebelumnya dapat dibaca di SINI

Gambar dipinjam dari SINI



Gambar dipinjam dari SINI


Gambar dipinjam dari SINI


Gambar dipinjam dari SINI


       Wajar kan membayangkan rumah, tempat tidur dan bantalku yang empuk? Soalnya selama empat hari dalam perjalanan aku tidak merasakan tidur yang cukup. Ntar kalau sudah tiba di rumah mau balas dendam dengan tidur yang pulas, haha.. Eitss, sudah ngomongin pengen tidur pulas di rumah, padahal ini masih jauh lho nyampe. Butuh waktu sekitar enam jam dari Lubuk Linggau menuju Palembang. Itupun kalau kita jalannya tidak mampir-mampir alias luncur terus hingga di tempat tujuan.

       Coba lihat deh peta yang aku tampilkan di atas (pinjam dari Google). Terbayangkan rute terakhir perjalanan touring daku bersama keluargaku?  Lumayan jauh kan? Itu ditempuh selama empat hari lho... Berikut ini aku tampilkan daftar itinerary-nya:

1. Hari pertama: Kamis, 24 Desember 2015.

Rombongan berangkat dari Palembang menuju Muaradua (ibukota kabupaten OKU Selatan di provinsi Sumatera Selatan). Rombongan pertama terdiri dari 2 mobil yang berangkat pagi. Rombongan kedua berangkat jam 1 siang menggunakan satu mobil. Nah, aku ikut yang rombongan siang, soalnya kalau pagi mesti ngantor dulu.

Di Muaradua menginap semalam di rumah adik iparku. Lalu pagi-pagi selesai sarapan rombongan berangkat ke tempat wisata Danau Ranau. Sorenya melanjutkan perjalanan ke Krui (ibukota kabupaten Lampung Barat di provinsi Lampung). Di Krui rombongan menginap di rumah seorang keponakan dari kakak iparku.


2.  Hari kedua:  Jumat, 25 Desember 2015

Setelah malamnya menginap di rumah seorang keponakan dari kakak iparku, kami melanjutkan perjalanan lagi. Kami meluangkan waktu untuk jalan-jalan di pantai yang ada di pesisir kota Krui. Lalu perjalanan dilanjutkan merayap hingga di Pantai Tembakak di pesisir kabupaten Pesisir Barat lampung. Di seberang pantai ini ada sebuah pulau bernama Pulau Pisang. Sayangnya kami tidak menyeberang ke pulau tersebut. Pertimbangannya, pertama: waktu yang kami miliki sangat sempit. Kedua:  ombak saat itu cukup besar. Gelombangnya bergulung-gulung tinggi hingga mencapai pantai. Kami tidak berani mengambil resiko.

Perjalanan berlanjut hingga kami tiba di kota Manna (ibukota kabupaten Bengkulu Selatan di provinsi Bengkulu). Di kota Manna rombongan kami menginap di rumah salah sorang kerabat yang bermukim di sana. 


3. Hari ketiga, Sabtu, 26 Desember 2015

Setelah menginap di rumah seorang kerabat di Manna, perjalanan berlanjut menuju kota Bengkulu (ibukota provinsi Bengkulu). Di kota Bengkulu kami tidak menginap namun waktu yang ada diluangkan untuk wisata ke Pantai Panjang, Benteng Marlborough dan Rumah Pengasingan Bung Karno.

Puas berwisata di dalam kota Bengkulu lalu perjalanan dilanjutkan ke kota Lubuk Linggau (salah satu kota administratif di provinsi Sumatera Selatan). Tiba di kota LubukLinggau sudah malam dan kamipun menginap di rumah seorang adik dari kakak iparku.


4. Hari keempat: Minggu, 27 Desember 2015

Setelah bermalam di rumah kerabat di Lubuk Linggau, kami kembali melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi tempat wisata yang ada di sana. Kami mengunjungi tempat wisata alam Bendungan Watervang dan Air Terjun Temam. Tadinya sih pengen ke tempat wisata yang ada di Bukit Sulap. Tetapi waktunya tidak memungkinkan lagi menuju ke sana, dah mepet banget dengan jadwal pulang ke Palembang. Takutnya lewat tengah malam kami baru nyampe Palembang.

Seperti yang telah kuceritakan diawal bahwa butuh waktu sekitar enam jam dari Lubuk Linggau ke Palembang nonstop tanpa berhenti. Rasanya gak mungkin deh selama perjalanan gak mampir-mampir kan? Emang perut gak nagih minta diisi dan kita mesti shalat juga kan?

Pas melewati kota Sekayu senja mulai gelap pertanda waktu beranjak malam. Saatnya beribadah menunaikan shalat magrib dan beristirahat sejenak di kota Sekayu (ibukota kabupaten Musi Banyhuasin di provinsi Sumatera Selatan)



Mampir di rumah makan Pindang Kupek di kota Sekayu


Para Bapak2nya nih lahap bener, gak noleh lagi pas difoto, haha..


       .....nantikan kelanjutan ceritanya ya.. NEXT....


       

36 komentar:

  1. 4 hari keliling 3 provinsi, Mak? Luarrr biasa.. Seru banget pasti yah, apalagi sama keluarga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..seru banget.. Capek tapi happy..

      Hapus
  2. wah, keren staminanya Mba.. kalo saya pasti pulang-pulang langsung nyari tukang pijat. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mba..staminaku aman2 aja padahal usiaku hampir setengah abad.. Apa karena bawaanya happy selama tourung ya? Akun pernah baca artikel katanya orang yang suka jaloan2 / travelling itu bahagia.. Mungkin ada benarnya ya artikel itu..



      Hapus
  3. Kereeen..eh, salam kenal ya Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga ya Mba.. makasih sdh mampir ya..

      Hapus
  4. Bisa jadi buku ini cerita bersambung ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..benar juga ya Mba..ide yang cemerlang..bisa jadikan buku ya cerita ini, hehe..Makasih atas atensinya ya ..

      Hapus
  5. Pengalaman yang seruuuu tuuuh pastinya Mbak ^^

    BalasHapus
  6. Wah kayaknya seru 3 propinsi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba... pengalaman seru 3 provinsi dalam 4 hari..

      Hapus
  7. Asik ya mbak, meski badan pegel semua. Aku aja dua hari jalan-jalan di tiga kota langsung deh dibayar tidur seharian, wkwkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik banget Mba.. Memang sih badan pegal2 tapi happy.. Aku gak sempat nyari tukang pijat lantaran esok harinya dah harus ngantor lagi, hehe.. Tapi alhamdulillah aku gak kenapa2 tuh..alhamdulillah msh diberi kesehatan yang baik oleh Allah shg msh bisa jalan2 seperti ini..

      Hapus
  8. Foto-fotonya mana maak? Kirain ada foto pas touringnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto2nya ntar nyusul.. ada di kamera ponakan yg foto pas rame2

      Hapus
  9. Stamina harus poll tuh makkk luar biasa banget perjalanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba.. Stamina hrs poll utk touring tsb
      .

      Hapus
  10. Yang paling berkesan dari Sumatra itu alamnya. Indah, luas, hijau, air berlimpah. Tak bisa ditemukan di Jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mba.. Di Sumatera alamnya luas banget..

      Hapus
  11. Duh, pingin banget deh touring gitu ma keluarga. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo Mba direncanakan mulai dari sekarang ya..

      Hapus
  12. aku juga sering mbak perjalanan melewati 3 provinsi tapi cuma dalam waktu 2 jam loh hehehe jawab barat, DKI Jakarta, Banten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. Aku juga pernah melewati 3 provinsi dalam sehari.. Jakarta-Banten-Jawa Barat, hehe

      Hapus
  13. Seru Mbak! Kebayang deh capeknya. Ha..ha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..capek banget lho Mba.. tapi enjoy..

      Hapus
  14. capek tapi seru dan berkesan, ya :D

    BalasHapus
  15. kuat bener mbak touring sampe 3 provinsi, tapi yg namanya touring emang asik apalagi kalau ujung destinasinya ke pantai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bawaan happy dan seru..jadinya lelah dan capeknya itu hilang gak terasa..

      Hapus
  16. Keren abissss nih Kak Rita, mantap deh bisa jalan-jalan jauh gitu. Ditunggu next tulisannya. Suka sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas atensi dan kunjungannya ya Mba..

      Hapus
  17. wow, seru banget sih mba... saya ke bdg-jkt bolak-balik aja cape hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mgkn krn bawaannya happy ya Mba shg rasa capenya gak terasa..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...