IKLAN

Sabtu, 05 Maret 2016

5 MODUS PENIPUAN DI ATM YANG SERING TERJADI


       Akhir-akhir ini kita sering mendengar tentang modus penipuan di ATM. Mulai dari mengganjal lubang di mesin ATM, menggiring orang ke ATM untuk menstranfer uang, menempelkan nomor kontak palsu di dinding ATM untuk laporan darurat, menghipnotis orang yang masuk ke ATM, hingga pura-pura minta tolong transferkan sejumlah uang lalu diganti dengan uang cash padahal itu uang palsu.

      Bahkan aku sendiri pernah mengalami hampir tertipu ketika sedang berada di area ATM. Untunglah saat itu aku bersama suami sehingga kejadian yang hampir menimpa kami terkait penipuan di ATM bisa kami hindari. Baiklah, kita bahas satu persatu ya modus penipuannya.




1. Mengganjal lubang di mesin ATM dengan bilah korek api atau benda lainnya.

Modus seperti ini paling sering terjadi bahkan telah banyak yang menjadi korbannya. Kita tidak bisa memasukkan kartu ATM kedalam mesinnya. Bahkan setelah dicoba berkali-kali tetap saja kartu ATM tidak bisa masuk. Usut punya usut ternyata ada sesuatu benda yang mengganjal pada lubang atau celah mesinnya. Ketika kita sedang panik dan mencoba memasukkan lagi kartu ATM biasanya ada seseorang yang tiba-tiba muncul menawarkan bantuannya. Ingat? Kalau hal ini terjadi pada anda jangan pernah mau menerima bantuannya. Bisa jadi orang ini adalah pelakunya yang mengganjal sesuatu benda di mesin ATM.  

2. Menggiring orang ke ATM untuk mentransefer uang.

Modus yang ini juga sering terjadi dan paling sering menimpa banyak orang. Awalnya, kita ditelpon oleh seseorang dengan iming-iming menang sayembara atau undian. Kita diiming-imingi menjadi pemenang utama dan mendapat sebuah mobil mewah. Hmm... siapa ya yang tidak gembira mendapat hadiah kejutan istimewa seperti ini? Eitttss, jangan keburu gembira dulu ya apalagi sampai jingkrak-jingkrak kegirangan. Bisa jadi anda sudah masuk perangkap si penipu. Biasanya orang yang menelpon tadi menggiring anda ke mesin ATM untuk mentranfer sejumlah uang sebagai syarat mendapatkan hadiah utamanya. Alasan mentransfer uang untuk membayar pajak sayembara dan lain-lain. 

3. Menempelkan nomor kontak palsu di dinding ATM.

Modus yang ketiga ini merupakan modus klasik. Hampir di setiap ATM pernah ada ditempeli nomor kontak palsu. Misal: no kontak xxxx-xxx xxx untuk panggilan darurat atau laporan sehubungan masalah di mesin ATM yang menimpa kita. Kita pastinya pernah mengalami kejadian saat menggunakan kartu ATM dan melakukan sebuah transaksi, terlihat laporannya transaksi gagal tetapi saldo ATM berkurang. Pastinya kita panik dong? Pengen minta bantuan ke siapa ya kalau ATM itu letaknya bukan di area bank? Lirik sana lirik sini kita menemukan tempelan pengumuman tentang nomor kontak yang ternyata palsu. Kalau kita menelpon ke nomor kontak yang palsu itu maka kita sudah masuk kedalam perangkap si penipu. Bisa saja kita digiringnya melakukan instruksi-instuksi untuk memencet nomor-nomor tertentu yang sudah direkayasa. Usut punya usut nomor-nomor yang kita pencet tadi mengarah ke transaksi transfer uang ke rekening si penipu.

4. Menghipnotis orang yang masuk ke dalam ATM

Biasanya ketika kita sedang lengah saat masuk ke dalam ATM bisa saja menjadi mangsa si tukang hipnotis. Keberadaan si tukang hipnotis ini biasanya tak jauh dari tempat mesin ATM. Dia memilih orang tua yang usianya sudah agak tua. Ketika si korban baru beberapa detik masuk ke dalam ATM biasanya si tukang hipnotis tadi segera beraksi menghipnotis. Yang terjadi berikutnya adalah kita ditanya-tanya berapa nomor PIN. Lalu  kartu ATM kita ditukar dengan yang ATM palsu dan si tukang hipnotis tadi segera pergi meninggalkan kita yang masih terlihat bengong. Tak berapa lama si tukang hipnotis menguras semua dana yang ada di ATM.

5. Berpura-pura minta tolong transferkan uang dengan alasan saldo di ATM miliknya tidak mencukupi. Lalu uang kitaa diganti cash padahal itu uang palsu.

Biasanya si penipu dengan muka terlihat panik dan memelas meminta bantuan kita untuk mentransfer sejumlah uang. Dengan berbagai alasan dia terlihat benar-benar butuh pertolongan. Alasannya, dia mengirimkan uang untuk ibunya yang sakit keras, atau mengirim uang untuk anaknya yang kecelakaan, atau bla..bla..bla.. alasan lainnya. Karena kita iba dan merasa kasihan dengan orang itu tentu saja kita mau membantunya. Setelah kita mentrasnfer sejumlah uang ke rekening yang direkomendasikan si penipu lalu dia menggantinya dengan uang cash. Usut punya usut uang itu ternyata palsu. Dan kita hanya bisa nelangsa ketika menyadari kita sudah tertipu.

       Nah, itulah beberapa modus penipuan di ATM yang sering terjadi. Bahkan diriku bersama suamipun tak luput pernah mengalaminya juga. Untunglah kami segera tersadar dan menolak permintaan seseorang yang minta tolong transferkan uang. Katanya uang di ATM miliknya tidak cukup. Dia hanya punya uang cash di dompetnya. Kala itu mesin ATM yang bisa mentransfer uang tunai belum ada.  Kenapa kami menolaknya? Karena saldo di ATM milik kamipun tak mencukupi untuk memenuhi permintaannya, haha... Coba kalau uang kami banyak pasti sudah tertipu saat itu.



57 komentar:

  1. modusnya mudah tertebak, tapi yg terjaring tetap banyak ya mbak.
    Moga share ini bisa bikin orang lebih hati2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba mudah-mudahan postingan ini bisa membantu bagi pembaca..

      Hapus
  2. Hiiyy jangan sampe deh terjadi kejadian seperti ini pada kita. Makanya jaman sekarang disarankan pembayaran itu pakai kartu ya, bukan tunai. Masalah nya kalau tunai pasti ngambil duit donk ke atm. Nah kalau ke atm, kayak gini nih yang di takutkan.. Jauh jauh deh.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba...prinsipnya kita tetap kudu hati2 kalo ke ATM..

      Hapus
  3. Nah...itu memang sering terjadi bunda, malahan beberapa keluarga ku pun sudah pernah jadi korban nya, wah...kudu hati-hati ya bun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Jeng.. Kudu hati2 kalo kr ATM ntar kena hipnotis..

      Hapus
  4. Ada saja ya cara orang untuk berbuat jahat. Harus lebih waspada..karena akan muncul modus-modus baru ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba.. kita selalu harus waspada terhadap penipuan2 di ATM..

      Hapus
  5. Yang pakai2 hipnotis itu yg ngeri Mbak, makanya saya milih ATM yg rame org antri aja hehe

    BalasHapus
  6. Makasi infonya ya kaka. Memang harus hati-hati dizaman sekarang. Yang usaha baut rampas uang orang banyak modusnya.

    BalasHapus
  7. Duh. Iya mba. Sekarang modusnya makin berkembang. Makanya harus lebih hati-hati lagi. Sekalinya atm ketelan mesin jadinya harus langsung telp petugas dan tidak meninggalkna mesin sebelum proses blokir selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo terjadi kartu ATM teetelan mesin pasti kita panik ya Mba.. Mau nelpon dan minta bantuan petugas bank tentunya.. Peluang ini sering digunakan penipu narok nomor kontak palsu utk minta tolong petugas..

      Hapus
    2. Saya sudah beberapa kali ketelan tapi nggak pernah kontak nomor itu. Langsung saja ke bank karena dekat.

      Hapus
    3. Aku pernah ketelan pas lampu mati tapi uangnya keluar.. Aku panggil teman melapor ke bank di dpn ktr.. Sementara aku nungguin di dlm ATM..

      Hapus
  8. sebetulnya saya suka malas ke ATM atau bank. Malas antrenya. Tapi kalau ke ATM biasanya saya cari yang ramai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba.. Cari yg rame aja ATM-nya..

      Hapus
  9. Wah...kalau yang pura-pura minta tolong ditransferin terus di ganti pake uang tunai sudah beberapa kali saya alami mbak. Untungnya suami curiga dan baca postingan mbak jadi lega karena ternyata mereka niatnya ngak bener.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..hampir kena tipi juga ya Mba.. Untung curiga duluan ya Mba..

      Hapus
  10. Ada yang memberi advis jangan dilayani jika ada orang yang minta tolong melakukan sesuatu di ATM karena di atas ada kamera CCTV. Kita yang menolong bisa saja diadukan hendak melakukan penipuan atau pemerasan.
    Pendek kata, berhati-hati di ruang kecil itu.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Pakde..intinya kita mesti waspada...waspadalah..

      Hapus
  11. Pernah liat juga ada orang berisik di ruang antri ATM bilang ga bisa transfer padahal aku abis transfer bisa tuh. Eh si mbaknya minta tolong, aku langsung melipir soalnya itu hari minggu, takutnya orang iseng mau nipu. Mana sepi pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untungnya saat itu kepikiran utk melipir ya Mba..

      Hapus
  12. Mudah-mudahan kita smua terhindar ya mbak dari modus-modus penipuan semacam ini.. Aaaaminn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. mudah2an ya Mba kita semua terhindar dari si penipu ketika berada di ATM..

      Hapus
  13. Teman suamiku kena 6jt. Aku pilih2 ATM. Di mini marketpun bahaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba.. Kudu pilih2 ATM dan lihat situasi dulu..

      Hapus
  14. Hipnotis yang paling ngeri ya mba. Teman saya pernah tuh terhipnotis pas di atam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..ngeri kalo dihipnotis bisa dikurasnya ATM..

      Hapus
  15. Duh modusnya sekarang macam-macam ya. Harus tetap waspada dan hati-hati kalo ke atm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..kita tetap harus waspada kalo ke ATM..

      Hapus
  16. Waaah, baru2 dengar dari seorang kawan, tinggalnya di daerah pedalaman tapi ada ATMnya, hampir kena modus yang nomor 5, Mbak Untung dia pergi meninggalkan ibu2 yang minta ditransferkan uang itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untunglah kawannya terhindar dari penipu di ATM ya mBA..

      Hapus
  17. Makin pinter aja akal si penipu yaa... yg sering aki dengar iti modus yg minta ditransferkan dan akan diganti dg uang cash.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..sekarang ini kita tetap harus waspada karena si penipu gencar melakukan aksinya dengan modus yang berbeda2..

      Hapus
  18. mending tanya satpamnya sih klo ada. tp aku pernah nawarin org wkt di atm. untung gak dikira penipu hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku takut nawari bantuan ke orang saat di STM, takutnya dikira penipu, hehe..

      Hapus
  19. Nomor 1 paling sering bu...
    kebetulan sepupu saya bekerja pada sebuah perusahaan yg ngurusin hal2 yg berhubungan dg mesin ATM...
    Sepupu saya bekerja pd bagian teknik perbaikan ATM-nya...
    Dia bilang kalau hal yg paling sering tjd di wilayah Banyumas dan sekitarnya adalah mengganjal lubang di mesin ATM. Biasanya pakai batang korek api...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sendiri pernah bbrp kali ke ATZm yg macet krn kartunya terganjal gak bisa masuk..

      Hapus
  20. Iya betul, saya setuju dengan admin. Saat ini sangat banyak sekali penipuan di seputar ATM, sebaiknya jangan terlalu cepat percaya pada seseorang yang baru kita kenal atau orang yang berupaya sok kenal diri kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh atensinya dan kunjungannya ya..

      Hapus
  21. no 2 kayaknya yang paling sering terjadi di sini, dan yang no 5 itu perlu kewaspadaan ekstra, soalnya kita seperti suka reflek ingin menolong orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita kudu hati2 juga sih pas ada yg minta tolong di ATM.. Mending panggil satpam atau orang lain lagi..

      Hapus
  22. Bener mbak, ini sudah sering kali terjadi, dan pelakunya juga kadang tidak segan-segan ngelakuin hal yang fatal

    BalasHapus
  23. Pas kemarin jadi mahasiswa modus yang paking sering yang nomer dua... untungnya gak ketipu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh..untungnya gak ketipu saat itu ya Mba..

      Hapus
  24. ih ngeri banget membayangkan banyak modus kriminal yang dilakukan seputaran mesin ATM. Makasi ya bund banyak tips keren yang bisa dipetik dari postingan diatas :)

    BalasHapus
  25. kalau ke ATM selalu deg2an dan baca doa jadinya :)

    BalasHapus
  26. Modusnya gila ya mba, hehehe. mungkin menjaga kesadaran dan waspada ya, dimanapun berada

    BalasHapus
    Balasan
    1. YG penting kita mesti waspada ketika menuju ATM..hehe

      Hapus
  27. no.2, 4, dan 5 itu biasanya beda-beda tipis. soalnya kadang ada orang yg dengan sadar tergiring ke ATM untuk transfer uang ke orang lain, tapi cerita ke oarng lain bilangnya kehipnotis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tepatnya mgkn tersigestibya Mba dgn iming2 orang nelpon yg ngabarin dapat hadiah.. Biasanya kadang kita penasaran pengen coba2 follow-up telpon itu..

      Hapus
  28. ngeri banget itu penipuannya

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...