IKLAN

Kamis, 25 Agustus 2016

6 TEMPAT MENARIK YANG PERLU DIKUNJUNGI SAAT BERADA DI CIREBON


       Setiap kota dan daerah pasti memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Hal ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi dan mempelajari segala hal didalamnya. Cirebon menjadi salah satu daerah yang membuat wisatawan selalu ingin kembali ke tempat ini. Apalagi daerah ini dikenal sebagai tempat lahirnya batik dengan motif yang populer, yaitu mega mendung. Tak hanya itu saja lho... masih banyak pesona lainnya yang dimiliki Cirebon. Apa saja tempat menariknya? Let's check it out:





KAMPUNG BATIK TRUSMI 

       Bagi pecinta batik, jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini. Kampung batik Trusmi menyediakan batik Cirebon dan daerah sekitarnya. Ada beragam motif dan jenis batik khas Cirebon, seperti batik pesisir dan juga batik keraton. Batik keraton dikembangkan untuk keluarga keraton yaitu kasepuhan dan kanoman.

Sebagian besar masyarakat juga tahu bahwa motif mega mendung menjadi ciri yang melekat pada Cirebon dan menjadi motif yang paling diminati. Motif ini bermakna awan pembawa hujan yang memiliki arti filosofis sebagai kesuburan dan pemberi kehidupan.

Kampung batik ini telah menghasilkan seni motif batik yang menarik yang menjadi penghargaan dalam usaha pelestarian budaya atas kekayaan lokal. Kampung batik bahkan telah mampu menyerap tenagaa kerja hingga 3000 pekerja. Luar biasa kan peran dan arti keberadaan kampung ini. Kampung batik ini bisa kita temukan di Jalan Syeikh Datul Kahfi, Plered.


KERANG HIAS 

Kerajinan kerang hias di kota Cirebon sudah cukup dikenal wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Kerajinan ini bisa kita temui di Rumah Kerang. Rumah kerang menghadirkan aneka desain interior dan furnitur dari bahan kerang.

Beberapa kerajinan tersebut diaplikasikan dalam bentuk cermin, lampu hias, lampu gantung, bingkai foto. Tidak hanya itu saja, pernak-pernik untuk hiasan rumah seperti bunga-bunga dari kerang, peralatan makan, wallpaper, hingga berbagai aksesori untuk perempuan juga ada. Tidak sulit untuk menemukan obyek wisata ini. Rumah kerang ada di desa Astapadam terletak di Jalan Ki Ageng Tapa.



Kerajinan kerang hias. Sumber: Traveloka.com


UMAH MANGAN 

Restoran satu ini menjajikan makanan khas Cirebon seperti tahu gejrot, nasi lengko, sega jamblang dan empal gentong. Restoran ini cukup nyaman dengan pelayanan yang memuaskan, baik makanan maupun keramahan semua pelayannya. Tak hanya makanan lhas Cirebon yang bisa kita pesan di sini, ada juga beragam makanan dan minuman lain dengan cita rasa nusantara yang bisa kita nikmati. Alamatnya ada di Grage City Mall Jalan Jenderal Ahmad Yani.


KERATON KASEPUHAN

Keraton Kasepuhan sebelumnya bernama Keraton Pakungwati telah didirikan sejak tahun 1452 pada masa kepemimpinan Pangeran Cakrabuana. Bangunannya ada di dalam Agung Pakungwati. Pakungwati ini sendiri diambil dari nama Ratu Dewi Pakungwati, yang merupakan puteri dari Pangeran Cakrabuana dan sekaligus isteri dari Sunan Gunung Jati. Keraton ini berada di Jalan Jaga Satu.


GOA SUNYARAGI 

Goa Sunyaragi ada di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, kota Cirebon. Goa ini menyerupai candi dan dikenal dengan Taman Air atau Tamansari Sunyaragi. Nama ini diambil dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua kata, yaitu 'sunya' yang berarti sepi dan 'ragi' yang berarti raga. Dahulu, tempat ini dibangun sebagai lokasi peristirahatan dan bermeditasi Sultan di Cirebon.


GRAGE CITY MALL 

Grage City Mall menyajikan konsep unik dengan menampilkan ruang semi outdoor dan menjadi mall pertama yang ada di Cirebon. Mall ini memiliki tageline "One Stop Dining, Entertainment and Shopping for Family to Have Fun." Tempat ini bisa menjadi alternatif menarik untuk mengisi liburan. 

Di mal ini ada beragam tenant bermerek baik dalam negeri maupun luar negeri. Mereka menampilkan beragam pilihan produk disemua bidang, mulai dari fashion, kuliner, permainan anak, kesehatan dan beragam swalayan yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari. Alamatnya ada di Jalan Jenderal Ahmad Yani atau tepatnya berada di Jalan Tentara Pelajar No. 1.


       Dari keenam obyek wisata menarik yang ada di Cirebon tentunya tak cukup waktu sehari untuk mengelilinginya. Tentunya kita membutuhkan tempat menginap yang berjarak tidak terlalu jauh dengan semua obyek wisata tadi. Nah... terkait hotel di Cirebon, ada rekomendasihotel  menarik di Jalan R.A. Kartini No. 77 lho! Grage Hotel Cirebon siap melayani kebutuhan kita saat berada di Cirebon. Hotel ini dapat dengan mudah dipesan melalui Traveloka.

Info tambahannya, hotel bintang tiga ini hanya berjarak sekitar 2 hingga 6 kilometer dari keenam obyek wisata di atas. Selain itu juga dekat dengan Keraton Kanoman. Dekat pula dengan Taman Nasional Gunung Cermay yang berjatak paling jauh sekitar 25 kilometer. Sementara bandara Cakrabuwana atau Penggung hanya berjarak sekitar 5 kilometer.

Hotel ini menyediakan beberapa pilihan kamar yang cukup nyaman. Ruang kamarnya menggunakan desain modern yang simpel namun tetap berkelas. Setiap kamar juga dilengkapi dengan meja, kursi dan beberapa fasilitas tambahan lainnya yang cukup lengkap, termasuk kamar mandi di dalam ruangan.



Salah satu kamar Grage Hotel Cirebon. Sumber: Traveloka.com


Tak hanya kenyamanan hotel yang bisa kita nikmati, hotel ini sering memberikan promo dan penawaran menarik lainnya. Seperti bulan Januari tahun ini, pihak hotel telah memberi promo dengan tema 'Kedai Wedangan' yang menyuguhkan hidangan berupa makanan dan minuman tradisional Cirebon. Kita bisa menikmati semua hidangan dengan nuansa tradisional yang kental pada setiap hari Kamis hingga Sabtu, mulai dari pukul 16.00 hingga pukul 20.00 WIB di area Jasmine Lounge dengan konsep 'All You Can Eat.'

Wedangan yang hangt dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh ini berupa bandrek, jahe, sereh, bajigur dan wedang ronde. Selain itu juga ada makanan ringan seperti talas, ubi rebus, tempe mendoan dan lain sebagainya. Harganya cukup terjangkap yaitu Rp. 30.000, per pack.

Promo lainnya adalah 'BBQ Under The Star' yang juga sering ditawarkan. Kegiatan ini sering digelar sertiap Sabtu malam di area Lily Pool Side. Kamu bisa menikmati keseruan menikmati BBQ mulai pukul 18.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB. Sajian BBQ ini bisa kita nikmati bersama rekan dan keluarga tercinta. Suasana semakin asyik karena diiringi dengan 'Acoustic Live Music' di area outdoor, sehingga bisa langsung menikmati keindahan malam di bawah bintang-bintang yang indah.

Paket 'BBQ Under The Star' ini menyajikan pilihan menu appetizer, main course hingga dessert sesuai selera kita. Menu utamanya cukup beragam berupa olahan daging dan seafood. Makanan ini bisa kita nikmati dengan harga Rp. 100.000,- per pack.

Jadi jelas dong ya... banyak banget pilihan tempat menarik di Cirebon yang bisa kita kunjungi. Nah.. langsung aja nih buat agenda liburan nanti ke Cirebon yukk..!



66 komentar:

  1. baru grage aja yg dikunjungi :)

    BalasHapus
  2. Tertarik banget sama Wisata Karang Hiasnya, mbak...
    Cantik bnget itu mah lihat kek guci nya hhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerang hiasnya dibikin jadi bernilai seni tinggi ya Mba..

      Hapus
  3. ternyata banyak tempat menarik yang bisa di kunjungi di cirebon yah Mba? hmm, kira-kira kapan saya bisa kesana yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba.. Kupikir cuma batik aja yg populer di sana.. Ternyata masih byk tempat lainnya yg tak kalah populer di Cirenon..

      Hapus
  4. Hotelnya bikin mupeng mbak, kerasan bget diriku kalo nginep di hotel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu yg bikin kita nyaman nginep di hotel karena nyaman ya Mba..

      Hapus
  5. Belum pernah ke cirebon hiks, tapi kalo kerang hias nya udah pernah nonton di tv, keren hasil kerajinannya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerang hiasnya memang keren ya Mba.. bisa sebagai interior untuk mempercantik rumah kita ya..

      Hapus
  6. Kalau ke Cirebon biasanya saya nyari udah dan sirup doang mba hehe

    BalasHapus
  7. Kalo ngeliat kata-kata mega mendung, saya ngehnya langsung ke minuman susu bersoda itu hihihi, duh salah fokus deh ^^v

    BalasHapus
  8. Aku pingin bgt ke goa sunyaragi kak, huhuu.. intip traveloka ah, cari tiket kereta ke cirebon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjut Mba.. Ditunggu cerita dan pengalamannya di blog ya..

      Hapus
  9. Cirebon banyak obyek wisata juga ya mbak?
    Pengen banget ke sana suatu hari nanti, gak jauh jg dr Jkt :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba.. Cirebon ternyata byk juga tempat menarik utk dikunjungi ya..

      Hapus
  10. baru Grage dan Goanya aja yang udah saya kunjungi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..sdh duluan ya Mba ke Cirebon...hehe

      Hapus
  11. Batik Trusmi tuh ngehits banget ya Mba.. apalagi kalau lewat tol cirebon itu ada plang besar penunjuk arah ke kampung Trusmi :)

    Udah lama banget nggak ke Cirebon, terakhir ke sana waktu nikahan kakak kelas kuliah tapi nggak jalan-jalan cuma ke nikahan doang ^^
    Pengen ke sana lagi buat jalan-jalan sama beli kain murah di pasar kainnya. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sering dpt oleh2 batik Trusmi dari kerabat dan teman yang jalan2 ke Cirebon..

      Hapus
  12. mbak Rita, mana goanya...saya mau liat. Entahlah lagi ngincar goa-goa nih, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Lidha penasaran sama goanya ya? Hehe..

      Hapus
  13. Aku belum pernah sama sekali pergi kesanaa...hiks, pengeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukk...kalo ada waktu liburan nanti ke Cirebon aja..

      Hapus
  14. yang kerang hias itu bagus mbaa, harganya pasti lumayan juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang suka ya sama kerajinan kerang hias..

      Hapus
  15. sampe sekarang belum pernah sampe ke Cirebon, padahal naik kereta dari Jakarta gambang banget ya mba. Ah, semoga bisa kesana kapan2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaa...ssayang banget ya Mba belum sempat mampir ke Virebon.. Padahal lewat terus ya..hehe..

      Hapus
  16. wah udh lama ga ke cirebon. jadi pengen ke sana

    BalasHapus
  17. Pernah ke Cirebon, tapi belum banyak jalan. Makan-makan doang, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyikk...makan2 kulineran Cirebon kan enak2..macam Empal Gentong..

      Hapus
  18. Ini sih ga jauh dari kampung halaman saya Mbak. Masih banyak area wisata lain di Cirebon...dan saya belum eksplore banyak. Hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaa...masih banayk algi ya tempat asyik di Cirebon.. makin pengen nih ke Cirebon..

      Hapus
  19. Saya belum pernah mbak ke cirebon jadi belum pada tahu tempat wisata yang bagus, nah sepertinya wisata wisata diatas bisa dicoba untuk kunjungi kalau pergi ke cirebon.

    BalasHapus
  20. satu lagi mbaak...kampungku hehehe...klo mau ke gunung ciremai deket soale

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...kampungnya di VCirebon ya? Aku sering dengar cerita ttg panorama gunung ciremai..

      Hapus
  21. Nice post!! ngebantu banget buatku kalau lagi jalan-jalan ke cirebon

    anw aku ada post-an baru, semoga mau mampir dan memberikan komentar atau bahkan kita bisa saling memfollow each others :)

    clarissavania.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiah atensinya ya.. Ntar aku BW dan follow ya..

      Hapus
  22. ada sodara di cirebon, tp saya blum pernah nyobain main ke mallnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,..sayang banget Mba belum mampir ke mall-nya..padahal ada sodara ya di sana?

      Hapus
  23. Ke Cirebon yang penting makaannnn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba.. kuliner Cirebon tak kalah enaknya macam Empal Gentong yg ngetop banget..

      Hapus
  24. Kenapa aku tiap kali ke cirebon cuma mampir ke trusmi aja ya? Padahal bamyak lokasi wisata lain yg enak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..msh bk tempat wisara lain selain Yrusmi..

      Hapus
  25. Wah jadi penasaran buat dateng ke Keraton Kasepuhan, waktu ke cirebon soalnya cuman numpang lewat doang buat naik ke gn. ciremai hehe

    BalasHapus
  26. Belum pernah ke Cirebon :-/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..sama nih.. Aku juga blm pernah ke Cirebon..

      Hapus
  27. Ayah saya pernah dapat oleh-oleh batik Cirebon. Bagussss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...pasti senang ya ayahanda-nya dapet oleh2 batik Cirebon..

      Hapus
  28. emang diacungi jempol Cirebon sebagai destinasi yang menyenangkan :)

    BalasHapus
  29. tertarik sama gua sunyaragi-nya, nih.., makasih ya infonya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mba.. Mksh juga atas kunjungannya..

      Hapus
  30. Klo ke grage mall aku udah beberapa kali pas lagi di cirebon, sayangnya kalo keraton belum pernah euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wh.. Mba Evrina dah keliling Cirebon duluam ya..

      Hapus
  31. Balasan
    1. Penasaran sama destinasi Cirebon ya Mba?

      Hapus
  32. Kerang Hiasnya menarik sekali bunda... pengen deh bisa trip kesana, hihii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerang hiasnya bagus ya..buat dekor di rumah..hihi..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...