IKLAN

Sabtu, 21 Januari 2017

HOBI TRAVELLING MEMBUAT BAHAGIA


       Aku pernah membaca tulisan tentang travelling. Dalam tulisan tersebut dinyatakan bahwa orang yang hobi travelling hidupnya lebih bahagia. Benarkah? Kalau menurut pendapatku pernyataan tersebut ada benarnya. Contohnya yang terjadi pada diriku sendiri. Memang aku mengalami atmosfir yang berbeda saat melakukan travelling. Ada rasa bahagia yang tak ternilai. Bagi yang punya banyak kesempatan dan budget rugi banget kalau tidak melakoninya.






Foto nongkrong cantik di pinggir sungai S'pore


       Bagi diriku travelling itu penting banget. Aktifitas rutin yang kulakoni kadang bikin jenuh. Apalagi ketika ada pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu cepat bikin stres. Makanya beberapa tahun terakhir aku menjadwalkan waktu khusus untuk travelling. Destinasinya bisa kemana saja. Kalau ada waktu dan budget lebih tentunya bisa memilih tempat yang agak jauh. Tetapi bisa juga travelling ke destinasi yang tak terlalu jauh dari tempat tinggalku. Contohnya ketika liburan akhir tahun 2015 yang lalu. Aku bersama keluarga besarku travelling ke Lampung dan Bengkulu. Kami berangkat dengan 3 mobil. Dalam perjalanan tersebut kami singgah di beberapa kota kecil. Seru banget pengalamanku menjelajahi kota-kota di selatan Sumatera. Bisa dikatakanlah perjalanan travelling kami saat itu seperti touring.


Foto saat berada di hutan pinus, di pinggiran Pantai Panjang Bengkulu


       Nah... ketika singgah di beberapa kota tentunya aku tak pernah lupa untuk mengabadikan momen-momen bahagia. Kebahagiaan yang terpancar bisa dilihat dari hasil pemotretan yang diambil. Tawa ceria menghiasai wajah-wajah sumringah. Jepret sana jepret sini untuk mengabadikan momen indah. Ketika membuka album foto aku suka terbayang momen-momen indah selama travelling. Rasanya bahagia banget! Kebahagiaan tiap orang itu berbeda-beda. Kalau aku bahagia banget ketika ada kesempatan untuk melakukan travelling. 


Foto saat berada di Pasir Padi Bangka



       Kebetulan aku suka foto-foto. Sayangnya aku gaptek dan tidak mahir bikin foto yang bagus ala fotograper. Paling banter ngambil foto memakai kamera yang ada di handphone. Apalagi kini tiap merek handphone mengeluarkan fitur terbaru yang dilengkapi pula dengan fitur fotografi . Lebih praktis bila dibawa kemana-mana saat travelling. Tetapi tetap ada kelebihan dan kekurangannya bila pemotretan dilakukan memakai handphone atau kamera. Aku jadi mikir mungkin lebih baik bila memiliki kamera khusus untuk pemotretan. Walaupun tipenya yang sederhana sekalipun tetapi fungsinya memang untuk pemotretan. Apalagi saat ini banyak juga kamera digital keluaran terbaru yang canggih dengan harga relatif terjangkau. Terpikir juga sih pengen beli kamera digital untuk mendukung hobi travelling, hehe.. Tapi mikir lagi nih, harga kamera digital tersebut mahal gak sih?  

          Lalu aku berselancar di internet mencari informasi seputar kamera digital dimaksud. Ternyata harganya ada juga lho yang dibawah satu juta. Untuk pemula seperti diriku mungkin beli kamera digital yang murah meriah aja ya. Ibarat pepatah mengatakan 'sambil menyelam minum air'. Sebelum memiliki kamera canggih belajar dulu motret pakai kamera sederhana dulu. Kalau sudah mahir baru deh beli yang agak canggih fiturnya, hehe..

       Terbayang percakapan dengan Rafi, keponakanku, beberapa waktu yang lalu.

     "Bunda, aku pengen ke Trans Studio Bandung. Kata temanku di sana bisa nonton film tiga dimensi.

       "Rafi pengen ke sana ya?"

       Bocah 8 tahun itu mengangguk cepat.

      "Baiklah, kita catat dulu ya agendanya, semoga liburan kenaikan kelas nanti kita bisa travelling ke sana ya.. " aku mengusap kepalanya. Bocah imut itu tersenyum sumringah.

       Lalu aku juga berdoa dalam hati semoga bisa mewujudkan agenda travelling ini. Dalam doaku kuselipkan harapan agar saat travelling mendatang aku sudah memiliki kamera digital yang kuidamkan.


46 komentar:

  1. Kerja keras, buat cari duit untuk travelling sepuasnya ya MBak hehehehe .. Aku pengen deh ke hutan pinus di Bengkulu itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..kudi kerja keras ngumpulin pundi2 buat travelling..hehe

      Hapus
  2. Kamera yang bagus pastinya yang mahal, mbak hehe.. suamiku beli harganya 10 juta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh..mahal banget ya Mba.. Itu pasti suaminya sdh mahir banget ya Mba soal potografi ya..

      Hapus
  3. Asik banget suka travelling Mbak. Selain tahu tempat2 baru, banyak kenalan jugak :) kenangan foto2nya juga bikin semangat lho :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss benar Mba,, wawasan bertambah dan kita bisa menghargai alam kalo ke tempat2 alam yg indah..

      Hapus
  4. Itu pas di Bengkulu kok gak kontak

    Btw napa semua gayanya sama yuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...gak bisa bergaya Mba.. Nanti kalo aku ke Bengkulu kontak Mba Milda ya..

      Hapus
  5. Nanti kalo ke Bandung, boleh colek aku, ya, Mba Rita. Kita ketemuan dan aku anterin jalan-jalan. Hehe. Dan semoga kamera digital idaman sudah jadi milik Mba Rita. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaa.. makasih ya Mba Alaika mau nganterin aku keliling Bandung.. Makasih juga atas atensi dan kunjungannya ya..

      Hapus
  6. Bener mbaa...travelling ngilangin penat.
    Kamera DLSR atau mirrorles lumayan mba.
    Tp klo yg pocket mungkin lbh murah yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah..aku mau bi yg murah meriah dulu Mba.. Sambil belajar pemotretan..

      Hapus
  7. toss mbak...aku juga suka travelling...travelling bikin hepi meski habis itu capek dan cucian menumpuk he3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss.. biar capek dan cucian numpuk yg penting hati bahagia habis travelling-an ya Mba..hehe

      Hapus
  8. Pengen punya kamera ini,aamiin
    Betul banget,mb..traveling bikin bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn.. semoga kamera idamannya terwujud ya Mba.. Makasih ya atas kunjungannya..

      Hapus
  9. Aaamiin mbaa untuk doanya. Aku dulu juga pernah berdoa moga suatu hari punya HP berkamera bagus dari ngeblog. Alhamdulillah akhirnya kesampaian meski harus sabar menunggu, bolak-balik ikut lomba blog berhadiah HP kalah muluk. Jalannya malah pas diundang launching salah satu brand smartphone :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaaja ya Mba jodohnya..asalkan kita punya niat dan diiringi dengan doa insyaAllah keinginan kita terwujud..

      Hapus
  10. Namanya traveling siapa ga bahagia.. jalan-jalan gi tu loh tapi tak semua orang bisa... tapi bisa ikut bahagia kalo liat teman nulis tentang travelingnya...

    BalasHapus
  11. Iya mbaa, traveling itu pentiing bgt, buat aku setidaknya. Hihi. Semoga segera kebeli kameranya ya mbaa

    BalasHapus
  12. Travelling bisa membuat pikiran fresh lagi ya.
    Btw itu foto di hutan pinusnya baguuus *ngebayangin berada di hutan pinus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh atensinya ya Mba.. Hutan pinusnya kayak di Korea ya? Padahal itu di Bengkulu, hehe

      Hapus
  13. Traveling memang membuat bahagia, mba. Asalkan ga ada utang kartu kredit setelahnya. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...jangan sampai deh travelling-an tapi utang kartu kreditnya numpuk, malah bikin pusing ya Mba..hehe..

      Hapus
  14. Aamiin, agenda travel dan kameranya semoga segera terwujud :D

    BalasHapus
  15. Mba rita kereeen, udah menjelajah ke mana-mana.
    Doakan aku bisa banyak travelng juga ya Mba, nanti kalau anak-anak udah agak besar, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kelak Nyak Rotun juga bisa travelling-an ya..

      Hapus
  16. Harga kamera digital, ada yang kurang dari satu juta? Boleh juga ya...asalkan fasilitasnya mendukung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss...ada Mba..harga yg dibawah 1 juta, lumayanlah buat belajar fotografi..

      Hapus
  17. Wahh...aku blm pernah menjejakkan kaki di tanah Sumatera...jd pengen mba Rita...
    Semoga segera diijabah ya...dpt digicam yg bagus biar foto2 travelling mkn keren😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...kapan nih ke Sumatera, kita bisa ketemuan tuh..

      Hapus
  18. Sama dong, saya juga suka banget travelling, hobi malahan, iya lebih happy, dan senang menemukan tempat baru yang belum pernah dikunjungi bikin bahagia banget, ada yang bilang karena belum punya anak, ah itu salah besar dari kecil ampe sekarang emang suka banget travelling ama keluarga dan suami, juga ponakan, ntar ada anaknya ya kuajak juga 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru ya Mba.. apalagi travelling-an bareng keluarga juga seru kan?

      Hapus
  19. Mbak keren sudah traveling kemana mana. Traveling bikin bahagia ya mbak. Tapi harus kerja keras dulu ngumpulin modalnya. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss..kudu nabung dulu biar bisa travelling.. Btw, bisa juga ke tempat yang gak jauh dari domisili kita kalo dananya tipis, hehe

      Hapus
  20. Travelling memang membahagiakan yaaa mbak, aku juga pengen suatu hari hihi

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba, bahagia banget bisa travelling sensasinya menemukan dunia yang baru..

      Hapus
  21. Sepakaaat mbaaak. . traveling bikinn bahagiaa berlipat-lipat. . semogaa segera terwujudkan punya kamera digital jd travelling bisa makin ciamik foto-fotonyaa, , hehehe salam kenaaal mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga.. Makasih atensi dan kunjungannya ya Mba..

      Hapus
  22. Travelling bagi emak-emak adalah mee time paling menyenangkan.
    Saat para krucils banyakan nempel sama Abi daripada sama emak.

    Tapi,
    setelah pulang travelling...kerjaan langsung menanti.

    Heehhe...fightiing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..biar capek traveling-an tetapi asalkan hati senang ya Mba..

      Hapus
  23. Travelling itu memang menyenangkan
    Sejenak keluar dari rutinitas pekerjaan kita sehari-hari
    Jujur saya baru melakukan traveling ketika saya sudah berusia dewasa. Yang artinya kebutuhan dasar sudah terpenuhi semua baru saya berani traveling. Hahaha

    salam saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Om nh18.. kita nyaman bertravelling-ria ketika semua kebutuhan dasar sudah terpenuhi..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...