Niat 'BAIK' malah jadi 'TIDAK BAIK'

Adakalanya niat baik kita tak seindah yang kita harapkan. Niat berbuat baik malah jadi petaka bagi kita. Gimana ceritanya koq bisa begitu? I...

Adakalanya niat baik kita tak seindah yang kita harapkan. Niat berbuat baik malah jadi petaka bagi kita. Gimana ceritanya koq bisa begitu? Ini nih... aku ceritakan pengalamanku beberapa waktu yang lalu.



Ceritanya, aku punya kantor nih. Sebuah kantor milik instansi pemerintah. Sebagai 'kepala' di kantor itu (ceritanya aku jadi bos-nya nih), tentu saja aku harus bertanggung jawab terhadap masalah kebersihan lingkungan. Bukan hanya kebersihan kantorku sendiri, tetapi lingkungan kantor sekelilingnya tetap jadi perhatianku.

Permasalahannya terjadi ketika ada sebidang tanah tepat di depan kantorku, yang tak berpenghuni dan tak terawat. Rumput yang tinggi sudah seperti semak belukar. Bahkan mungkin saja sudah menjadi sarang ular saking rimbunnya belukar itu. Aku sudah menghubungi pemiliknya tapi tak berhasil. Sang empunya tanah berdomisili di Bengkulu. Manalagi banyak tumpukan sampah teronggok di sana. Aku mengurut dada saja. Dalam hatiku berkata, hari gini masih banyak ya orang buang sampah sembarangan?

Oleh karena tututan rasa tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan, maka aku spontanitas menyuruh penjaga kantorku untuk membersihkan lahan tersebut. Dibantu seorang tenaga lagi yang bekerja selama dua hari full time, akhirnya tanah seluas 2 kapling tersebut bersih tiada lagi belukar di atasnya. Sekalian saja aku menyuruh penjaga kantorku menanam pisang, singkong, kangkung, katuk, tomat, dan beberapa jenis bunga di sekelilingnya. Sehingga lahan yang tadinya seperti belukar berubah menjadi kebun mini. Aku fikir, daripada terlantar lebih baik tanah itu dipelihara dan dirawat.

Belum lagi bisa menikmati hasil panen dari kebun mini tersebut, suatu hari tiba-tiba aku dikejutkan dengan suara orang marah-marah di depan kantorku. " Siapa yang menanam tumbuhan di tanah itu? Koq lancang sekali nggak ijin lagi!" Agaknya kemarahan orang itu ditujukan kepada penjaga kantorku yang saat itu sedang mencangkul singkong di 'kebun mini' itu. Perkataan orang itu langsung disambut amarah oleh penjaga kantorku yang merasa tersinggung oleh omongannya. Sehingga terjadilah keributan kecil.

Mendengar suara gaduh, aku buru-buru keluar menenangkan keduanya. Orang yang marah-marah itu ternyata si empunya tanah yang baru datang dari Bengkulu. Kebetulan dia singgah ke lokasi tanah miliknya itu dan terkejut melihat ada orang mengolah tanahnya dan bercocok-tanam di atas tanahnya tersebut.

Sebelum terjadi salah paham yang berkelanjutan, aku menenangkan Pak Hardi (nama orang itu) dan mengajaknya masuk ke dalam kantor. Aku jelaskan padanya bahwa akulah yang menyuruh Pak Abah (penjaga kantorku) mengolah tanah itu. Dengan maksud bukan untuk menguasai namun demi lingkungan yang bersih dan terpelihara. Malu dong, masak pimpinan kantornya seorang cewek tapi lingkungannya jorok dan kotor. Sementara untuk minta ijin dulu pada si empunya tanah aku tidak mengetahui alamat dan nomor kontaknya.

Setelah kujelaskan panjang lebar akhirnya Pak Hardi dapat memahami dan akhirnya dia minta maaf padaku juga pada Pak Abah. "Mestinya Pak Hardi berterima kasih lho pada saya, karena tanah Pak Hardi akhirnya terpelihara, sementara Pak Hardi tidak mengeluarkan ongkos sepeserpun untuk mengupah orang membersihkan belukar di atasnya!" begitu ucapku menutup pembicaraan dengan Pak Hardi.

Itulah sedikit pengalamanku, ternyata niat baik tak selalu berbuah baik. Buntutnya malah terjadi salah paham seperti yang aku alami itu.

COMMENTS

BLOGGER
scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,8,Aneka Tips,13,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,1,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,26,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,2,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,Ragam Informasi,1,Ragam Kuliner,11,Review,5,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,27,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Niat 'BAIK' malah jadi 'TIDAK BAIK'
Niat 'BAIK' malah jadi 'TIDAK BAIK'
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2010/04/niat-baik-malah-jadi-tidak-baik.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2010/04/niat-baik-malah-jadi-tidak-baik.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy