Pesona Kabut Belerang dan Eksotika Api Biru dari Kawah Ijen

Tak salah bila disebut bahwa Kabupaten Bondowoso menyimpan potensi wisata alam yang sangat mempesona. Keelokan pemandangannya sungguh luar...


Tak salah bila disebut bahwa Kabupaten Bondowoso menyimpan potensi wisata alam yang sangat mempesona. Keelokan pemandangannya sungguh luar biasa dan mengesankan. Kabupaten Bondowoso yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki sejumlah potensi wisata menakjubkan. Sebut saja Dataran Tinggi Dieng, Telaga Warna, dan masih banyak lagi.



Indahnya pemandangan alam yang disuguhkan alam Kabupaten Bondowoso membuat daerah ini banyak dikunjungi wisatawan. Setelah intip sana intip sini mencari-cari informasi di internet, aku pun memutuskan dan berangan-angan ingin ke sana suatu saat nanti. Hatiku tertambat pada "Kawah Ijen", suatu tempat yan ingin kukunjunhi kelak.

 

Kawah Ijen Nan Mempesona
Gambar dipinjam dari SINI

Ada apa dengan Kawah Ijen?

Salah satu tempat yang membuatku tertarik untuk dikunjungi Bondowoso adalah Kawah Ijen.  Kawah Ijen adalah kolam berwarna hijau tosca yang  berselimut kabut tebal di kawasan pegunungan Ijen. Kolam yang airnya berwarna hijau tosca tersebut terbentuk dari adanya unsur belerang. Memang banyak sekali penambangan belerang di sekitarnya. Konon, cara menambangnya pun masih tradisional dengan menggunakan alat sederhana dan dominan menggunakan tenaga manusia. Di tempat ini kita disuguhi pemandangan para penambang membawa tumpukan belerang, menyusuri tebing yang curam, dan melewati kabut belerang yang tebal.


Penambang belerang tradisional mendaki perbukitan terjal
Gambar dipinjam dari SINI

Kawasan pegunungan Ijen sendiri merupakan pegunungan berapi yang hingga kini masih aktif. Asap putih mengepul dari kawahnya ini menambah elok dan eksotis. Kasawan pegunungan tersebut terdiri dari Kawah Ijen dan dataran tinggi lainnya. Puncak gunungnya pun tinggi menjulang dengan ketinggian 2.443m dari atas permukaan laut. Dari kawasan inilah menyembur asap belerang dari beberapa pertambangan di sana.

Pesona Kawah Ijen tidak hanya sampai di situ. Ada pesona lain yang lebih eksotis. Apa itu? Ternyata dari kawasan Ijen ini kita bisa menyaksikan fenomena "Blue Fire" atau Api Biru. Pesona yang ditampilkan sangat indah ditatap ketika malam dan menjelang pagi. Ternyata sumber api biru itu berasal dari lelehan belerang cair dari dalam pipa yang dibuat oleh para penambang. Saat asap belerang menyembur dari dalam pipa itulah yang menimbulkan sensasi fenomena api biru.



 Pesona "Blue Fire" menyuguhkan pemandangan yang eksotis
Gambar dipinjam dari SINI

Bagaimana Caranya Bisa Sampai di  Kawah Ijen itu?

Peta kawasan Kawah Ijen yang berada diantara perbatasan Bondowoso dengan Banyuwangi
Gambar dipinjam dari SINI

Kawah Ijen atau Gunung Ijen sendiri berada diantara perbatasan Bondowoso (Jawa Tengah) dengan Kabupaten Banyuwangi (Jawa Timur). Menurut referensi yang kubaca, bisa diakses dari arah utara  melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso)., lewat Wonosari ke Paltuding. Waktu yang ditempuh sekitar 2,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 93 kilometer.  Kalau dari arah selatan, bisa dari Banyuwangi menuju Licin, lalu dari Licin menuju Paltuding. Dengan jarak tempuh sekitar 35 kilometer ita bisa sampai di tujuan. 

Gambar dpinjam dari SINI

Untuk menikmati wisata  Kawah Ijen kita bisa mengikuti paket wisata atau secara backpacker. Tapi menurutku lebih baik mengikuti paket wisata saja, mengingat kita belum mengenal kasawan yang akan kita tuju ini. Setelah googling sana sini, aku menemukan jasa paket wisata yang menjual paket Wisata Kawah Ijin. Bisa disimak di SINI informasi mengenai paket wisata tersebut.

Waktu yang disarankan untuk wisata ke Kawah Ijen adalah sekitar bulan April hingga Oktober. Kenapa demikian? Katanya sih, karena periode itu adalah musim kemarau sehingga jalanan sekitar lokasi tidak licin dan aman untuk didaki. 

Karena kawasan pegunungan Ijen ini sangat dingin, ada baiknya sebelum berangkat kita menyiapkan pakaian hangat, topi atau penutup kepala, saputangan, masker penutup hidung, jas hujan bahkan obat-obatan. 

Nah....setelah mengenal pesona Kawah Ijen yang sangat elok, makin menggugah keinginanku untuk segera ke sana. Menabung dan mencari waktu yang tepat untuk cuti, dan.....memulai perjalanan ke sana. 




Referensi:
www.wisatakawahijen.com
www.ilovebondowoso.com/pesona-kawah-ijen
www.eastjava.com/boks/ijen/ina/trave_notes.html

 


COMMENTS

BLOGGER: 6
  1. aaah... cita-cita saya adalah bisa membawa anak2 ke Ijen. Semoga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah tercapai keinginannya ya.... Akupun demikian pengen juga ke sana...

      Hapus
  2. wah Subhanallah keren blue firenya mbak josh dah mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener...keren dan fantastis Blue Fire-nya...

      Hapus
  3. Untuk giveaway lagi, Mak? Baru tahu ada hari jadi Bondowoso juga yang bersamaan dengan Wonosobo tahunnya, 189?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh..tulisan ini gak ada sangkut-pautnya sama GA lho Mak... Kesalahan teknis...hehe...ngetiknya sfh larut malam shg agak ngelantur...terbawa2 GA Wonosobo..hehe

      Hapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,8,Aneka Tips,13,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,1,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,26,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,2,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,Ragam Informasi,1,Ragam Kuliner,11,Review,7,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,28,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Pesona Kabut Belerang dan Eksotika Api Biru dari Kawah Ijen
Pesona Kabut Belerang dan Eksotika Api Biru dari Kawah Ijen
http://1.bp.blogspot.com/-9jx9ojF_QsM/U8_Gdj_5N6I/AAAAAAAAAjA/6oXR8GoM9-I/s1600/gambar+KAWAH+IJEN.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-9jx9ojF_QsM/U8_Gdj_5N6I/AAAAAAAAAjA/6oXR8GoM9-I/s72-c/gambar+KAWAH+IJEN.jpg
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2014/07/pesona-kabut-belerang-dan-esotika-api.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2014/07/pesona-kabut-belerang-dan-esotika-api.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy