Mendambakan Sekolah Impian

Mommylicious #Parentingbook Sumber diambil dari SINI


Mommylicious #Parentingbook

Sumber diambil dari SINI




Apa arti sekolah buatmu? Kalau pertanyaan itu ditujukan kepada diriku maka aku akan menjawab: "Sekolah buatku adalah tempat dilakukannya proses belajar mengajar terhadap anak didik." Sekolah juga merupakan tempat pembentukan karakter anak didik menjadi lebih bernilai."

Tujuan pendidikan menurut Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 3, menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta anak didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,        sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung  jaab."

Nah...bila kita telaah  amanat dari  Undang-undang tersebut, jelaslah bahwa potensi seorang anak didik harus dikemas sedemikian rupa dalam rangka menjadi manusia yang seutuhnya. Adalah tempat yang bernama sekolah menjadi wadah mengembangkan potensi anak didik dan membentuk karakter. Hingga diharapkan si anak akan menjadi anak yang berguna sesuai harapan orangtuanya.

Lalu, kemanakah peran orangtua dalam mengembangkan potensi dan membentuk karakter anak? Apakah peran orangtua menjadi dinomor-duakan setelah menitipkan anaknya di sekolah? Tentu tidak dong! Bagaimanapun peran orangtua tetap nomor satu sedangkan sekolah adalah tempat untuk menitipkan si anak agar menjadi lebih berilmu.

Berbicara masalah sekolah, sekolah macam apa sih yang ideal? Apakah sekolah harus di dalam gedung bangunan saja? Tidak juga! Ada banyak sekolah yang mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai kepada anak didik tidak di dalam gedung bangunan. Sebut saja sekolah alam, dimana model sekolah seperti ini  lebih menekankan kepada anak didik untuk belajar akan nilai-nilai kehidupan. Disamping itu kita mengenal adanya sekolah informal, seperti tempat-tempat kursus ketrampilan. Sekolah informal lebih mengedepankan peserta didik untuk menggali ilmu sesuai dengan minat dan keahliannya. Seperti temput kursus bahasa Inggris dimana peserta didik diajarkan ilmu yang lebih mendalam agar si anak menguasai bahasa Inggris yang dipelajarinya.

Ketika aku masih sekolah tingkat lanjutan atas, aku sangat bangga bisa sekolah di SMA Xaverius 1 Palembang? Kenapa? Karena sekolahku itu adalah sekolah favorit dan begitu populer pada jamannya. Banyak siswa-siswi ingin belajar di sini ditandai dengan banyaknya pendaftar. Namun tak semua pendaftar itu diterima mengingat kapasitas sekolah yang terbatas. Padahal setiap tahun sekolahku ini menyediakan 12 kelas untuk kelas satu. Bayangkan jika satu kelas itu berisikan 40 orang siswa hitung sendiri dong berapa jumlah siswa yang diterima di sekolah ini setiap tahunnya. Kenapa SMA Xaverius 1 Palembang menjadi pilihan siswa-siswi melanjutkan sekolah di sini? Mungkin karena kualitas sekolah yang bagus. Baik dari mutu pendidikan, gedung sekolah yang bagus, fasilitas penunjang yang lengkap, guru-guru yang berwawasan. Sehingga tak jarang alumni SMA Xaverius 1 Palembang bisa diterima di perguruan tinggi ternama di negeri ini. Bahkan salah satu alumninya adalah Walikota Palembang (Bpk. Eddy Santana Putera) dan Gubernur Sumatera Selatan (Alex Nurdin) juga alumni dari SMA tempatku. Wah...bangga juga dong diriku satu alumni dengan Walikota dan Gubernur?

Kalau sekolah impian  itu yang bagaimana? Apakah perlu kita mengharapkan adanya sekolah impian? Sekolah impian macam apa yang kita inginkan saat ini? Kalau pertanyaan itu ditujukan lagi kepada diriku maka aku akan menjawabnya, bahwa sekolah impian yang kuidamdakan itu seperti ini:

1. Memiliki gedung sekolah yang bagus dan ditunjang dengan fasilitas lengkap. Gedung yang bagus mencerminkan bahwa sekolah itu dikelola secara baik dan serius. Apapun sifatnya bila dikelola secara baik dan serius pastilah menghasilkan sesuatu yang baik pula. Tentunya anak didik akan merasa nyaman   bersekolah di gedung yang bagus. Apalagi ditunjang pula dengan fasilitas pendidikan yang baik. Ada perpustakaan tempat menambah wawasan. Ada ruang laboratorium tempat untuk menguji suatu materi dan memecahkan masalah. Ada bengkel kerja untuk melatih keterampilan dan menggali kreatifitas anak didik. Ada ruang untuk beribadah seperti mushalla sekolah.

2. Memiliki guru-guru yang berwasasan, pandai dan menguasai materi yang diajarkan. Guru harus bisa menguasai ilmunya dan menjelaskan dengan baik. Sering kita mendengar keluhan anak didik akan keengganannya mengikuti pelajaran tertentu karena tidak suka dengan gurunya. Tidak suka disini dalam arti tidak suka terhadap cara si guru mengajar, sehingga si anak menjadi malas mengikuti pelajaran. Gurunya juga harus bisa memberi keteladanan agar dia menjadi sosok panutan bagi anak didik. Guru semacam ini menjadi guru ideal yang didambakan.      

3. Kurikulum yang diajarkan di sekolah jangan terlalu ribet, cukup sederhana saja tetapi dimengerti dan dipahami baik oleh peserta didik maupun guru. Jujur saja aku nilai bahwa kurikulum sekolah saat ini terlalu berat, bahkan membebani si anak didik. Aku perhatikan keponakanku yang masih duduk di bangku SD. Mata pelajaran Matematika yang dia pelajari setara dengan pelajaran setingkat ketika aku SMP dulu. Bayangkan betapa sulitnya pelajaran anak SD sekarang ini. Belum lagi pelajaran lainnya, dimana lebih banyak penalaran sehingga si anak sangat sulit memahami. Saat aku SD dulu pelajaran tak sesulit saat ini. Bahkan buku teks yang dipelajaripun dengan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dipahami untuk anak usia SD. Kadangkala aku mengalami kesulitan saat membantu keponakan mengerjakan PR-nya. Aku sendiri dibuat bingung dengan materinya yang sulit.

Sayangnya, sekolah impian seperti idamanku itu nampaknya saat ini belum tereralisasi sepenuhnya. Masih banyak sekolah-sekolah yang belum memenuhi ketiga unsur di atas. Faktor penghambatnya bermacam-macam, tetapi ujung-ujungnya terkendala masalah dana yang belum bisa mengakomodir untuk menyediakan kebutuhan dalam dunia pendidikan negeri ini.

Bagaimanapun, menginginkan sekolah idaman adalah harapan orang banyak. Oleh karena itu tak ada salahnya bila berandai-andai untuk mewujudkannya. Semoga kedepannya tak ada lagi terdengar cerita-cerita memilukan akan sebuah sekolah yang mau roboh. Tak ada lagi cerita tentang anak didik yang suka bolos dan tawuran. Tak ada lagi cerita tentang pendidik yang tak cakap mengajarkan ilmunya kepada anak didik. Semoga semakin banyak sekolah yang baik di negeri ini.

Referensi:
www.wikipedia.org/wiki/Tujuan_pendidikan
www.edukasi.web.id


Artikel ini diikutsertakan pada Give Away Sekolah Impian


http://ritaasmara.blogspot.com/2014/08/mendambakan-sekolah-impian.html

COMMENTS

BLOGGER
scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,8,Aneka Tips,13,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,1,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,26,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,2,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,Ragam Informasi,1,Ragam Kuliner,11,Review,7,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,28,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Mendambakan Sekolah Impian
Mendambakan Sekolah Impian
https://i.ytimg.com/vi/qmcZpviA_wM/hqdefault.jpg
https://i.ytimg.com/vi/qmcZpviA_wM/default.jpg
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2014/09/mendambakan-sekolah-impian.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2014/09/mendambakan-sekolah-impian.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy