Ngobrol tentang Anak dan Gadget di Kelas Literasi Digital

Ngobrolin tentang anak dan gadget rasanya tak pernah ada habisnya. Secara anak yang terlahir pada era Net Generation bersinggungan erat d...


Ngobrolin tentang anak dan gadget rasanya tak pernah ada habisnya. Secara anak yang terlahir pada era Net Generation bersinggungan erat dengan yang namanya gadget. Saya sering melihat pemandangan dimana-mana anak kecil sudah pegang gadget sebagai mainan. Kalau jaman saya kecil dulu mainnya pakai boneka atau main bareng teman sebaya. Ada kontradiksi disini, dimana satu sisi anak mesti dikenalkan dengan teknologi sejak dini. Pada sisi lain gadget membawa dampak kurang baik bagi si anak. Misal, si anak cenderung asyik sendiri dengan gadgetnya dan kurang bersosialisasi. Dari segi kesehatan dan perkembangan mental juga kurang baik.



Untuk menjawab persoalan di atas maka Bloggercrony Community bekerjasama dengan Sisternet mengadakan Kelas Literasi Digital. Topik yang diangkat dalam diskusi kelas ini adalah "Kapan Anak Boleh Punya Gadget Sendiri?" Acara ini disupport juga oleh P.T. XL.Axiata Tbk (XL Axiata).




Pada hari yang ditentukan sudah hadir para Sisters yang tampak antusias mengikuti materi-materi yang disampaikan oleh narasumber. Mba Wardah Fadjri founder Bloggercrony Community membuka acara sekaligus bertindak sebagai moderator. Beliau mempersilakan Bapak Ferdinan Oktavian selaku Head of Sales XL Axiata Palembang membuka acara. Menurut beliau Pak Ferdinan, peran orangtua sangat penting untuk mengontrol jangan sampai si anak kecanduan gadget. Orangtua harus mengontrol gadget milik anak dengan membatasi akses internetnya. Boleh main gadget tetapi kontennya sudah didonlot terlebih dahulu. Sehingga ruang gerak si anak terbatas untuk bisa mengakses konten-konten dari luar.

Sesi berikutnya diisi oleh Mba Astri Mertiana dari Sisternet. Lebih lanjut beliau mengenalkan bahwa platform Sisternet ini merupakan Partnetship Management XL yang berbentuk platform digital. Jadi semua Sisters dan orangtua bisa mengakses informasi penting seputar parenting.

Pada sesi ketiga diisi materi oleh Mba Tsurayya Syarif Zain, SPd.I, SPsi, MA. Beliau ini adalah seorang dosen serta praktisi pendidikan dan parenting. Beliau mengulas lebih dalam tentang topik ini "Kapan Anak Boleh Punya Gadget Sendiri." Para Sisters yang hadir tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh Mba Tsurayya.

Anak yang terlahir pada era Net Generation memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Cenderung praktis/speed
2. Love of Freedom
3. Ambisius
4. Suka hal detail
5. Berinteraksi dengan sosial media
6. Percaya diri tinggi
7. Recognition.

Bukannya tidak boleh memberikan gadget kepada anak. Menurut Mba Tsurayya boleh-boleh saja, dengan catatan si orangtuanya harus:
1. Selalu mengupgrade diri
2. Menjadi sosok leader bagi anak
3. Selalu mawas diri
4. Sebagai role model
5. Parenting yang efektif membangun mentalitas dan karakter.

Orangtua harus bersinergi dengan si anak dan membangun komunikasi yang aktif, sehingga dampak buruk gadget pada anak bisa dihindari.


Dari kegiatan ngobrol bareng di kelas literasi digital ini disimpulkan bahwa sebetulnya tidak ada batasan umur berapa si anak boleh punya gagdet. Hanya saya para orangtua tetap harus cermat dan memikirkan dampak buruknya gadget pada anak. Apakah si anak sudah cukup bertanggung-jawab menggunakan gadget dengan bijak? Nah hanya orangtualah yang bisa mengawasi si anak dengan gadgetnya.

Saya yang hadir langsung mengikuti acara diskusi di kelas literasi digital ini mendapat banyak masukan yang positif. Terimakasih Bloogercrony Community... Terimakasih Sisternet dan XL Axiata .. Semoga bisa mengadakan lagi acara serupa dengan topik yang tak kalah seru untuk didiskusikan bersama.


Foto bareng peserta Kelas Literasi Digital

COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. Anak-anak jaman sekarang gak ngerasain seru nya main ye-ye, main petak umpet rame-rame, serunya main bola kasti sampe nangis karena kepala kena bola, hahaa..
    Anak sekarang masih kecil aja udah pegang gadget sendiri ya bun, kadang khawatir jg sama anak saya sendiri, makanya saya sebagai orang tua kudu mendampingi dan mengawasi anak saat dia bermain gadget, supaya meminimalisir dampak negatif untuk anak. Makasih ya bunda....

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,14,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,28,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,3,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Ngobrol tentang Anak dan Gadget di Kelas Literasi Digital
Ngobrol tentang Anak dan Gadget di Kelas Literasi Digital
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVdP1qyctA_A1hAryHI3QzerVUNV4C5ql1vG5k7K9LAJMxV9hqxBDC_H_NYSc9h-Ch16lEq6TJJ_nJQXg7URYviavJ0bSTk_SU9jnAiEgeVc_xB6d0PZxKtle2WpEIiKvGC4acepelyNM/s400/gambar+Kelas+Literasi+Digital.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVdP1qyctA_A1hAryHI3QzerVUNV4C5ql1vG5k7K9LAJMxV9hqxBDC_H_NYSc9h-Ch16lEq6TJJ_nJQXg7URYviavJ0bSTk_SU9jnAiEgeVc_xB6d0PZxKtle2WpEIiKvGC4acepelyNM/s72-c/gambar+Kelas+Literasi+Digital.jpg
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2019/09/ngobrol-tentang-anak-dan-gadget-di.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2019/09/ngobrol-tentang-anak-dan-gadget-di.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy