Rindu Liburan Seru ke Jogja

Rindu Liburan Seru ke Jogja Menikmati liburan dengan mengunjungi destinasi menarik sangat digemari banyak orang. Mengisi liburan ke ...

liburan seru ke jogja mengunjungi destinasi menarik
Rindu Liburan Seru ke Jogja


Menikmati liburan dengan mengunjungi destinasi menarik sangat digemari banyak orang. Mengisi liburan ke destinasi wisata bisa menjadi mood booster sehingga bisa segar kembali setelah lelah beraktifitas keseharian. Menjalani rutininas yang itu-itu saja bersifat monoton bisa memicu stres dan membuat hati tidak nyaman. Kegiatan berlibur diyakini bisa memberi energi positf berupa kegembiraan. Apalagi bila berlibur bareng pasangan atau keluarga tercinta. Acara liburan pasti akan menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. Kegiatan berlibur sudah menjadi gaya hidup yang kerap dilakoni pada era milenial seperti saat ini.



Ngomongin soal liburan nih, dalam kurun waktu empat tahun terakhir saya kerap melakoninya. Sebut saja ke pulau Pahawang pada akhir tahun 2017. Lalu awal tahun 2018 ke pulau Belitung dan pada pertengahan tahunnya saya ke Jakarta, Jogja, Batu, Malang dan Surabaya. Awal 2019 ke Lubuk Linggau dan Bengkulu. Bahkan tahun 2018 ini saya dua kali jalan ke Lubuk Linggau dan Bengkulu mengambil cuti singkat bareng teman kantor.  Akhir tahunnya ngebolang lagi Surabaya dan ke Bromo. Awal 2019 ke Sungai Liat dan Pangkal Pinang Bangka. Terakhir saya mengunjungi adik yang bermukim di Garut pada pertengahan Februari 2020. Momen ini saya sempatkan untuk berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Lembang Bandung.

Kunjungan ke destinasi-destinasi wisata tersebut dalam rangka gathering kantor. Ada saya pergi bareng Paksu ngambil cuti. Ada bareng teman-teman kantor ngambil cuti singkat. Apapun momennya setiap perjalanan ke destinasi wisata tersebut selalu memberikan mood booster yang positif.


Merencanakan liburan setelah pandemik corona berakhir 

Teman-teman,  tahu sendiri kan saat ini telah terjadi pandemik corona di seluruh dunia. Bahkan di negeri kita sendiri pandemik corona telah banyak memakan korban. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menghambat penyebaran pandemik corona. Seperti pemberlakuan Work From Home (WFH) dan social distancing, melakukan standar operasional kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan hand sanitizer, serta mengganti pakaian setelah pulang ke rumah dari beraktiftas di luar.  Terakhir, pemerintah memberlakukan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Entah sampai kapan keadaan akan normal kembali? Yang jelas untuk kembali normal seperti pada kehidupan semula butuh waktu untuk penataan kembali.

Dalam situasi seperti ini, jangankan berlibur, mau beraktifitas keseharian di luar saja kita mendapat pembatasan. Libur cuti Lebaranpun ditiadakan, diganti harinya menjadi cuti pada akhir tahun. Hmm, masih ada harapan nih untuk menikmati liburan pada tahun ini. Bukan hanya saya yang sudah suntuk, tapi banyak teman-teman mengeluhkan hal yang sama loh. Sudah jenuh dengan pembatasan aktifitas dan ingin menemukan mood booster dengan berlibur. Sabar ya! Kesempatan itu pasti akan datang ya! Hehe..


Kota Jogja menjadi pilihan saya untuk berlibur pada tahun ini

Kenapa memilih ingin berlibur ke Jogja? Pasti banyak teman-teman yang bertanya demikian, bukan? Memang banyak destinasi menarik lainnya di Indonesia, tapi saya sudah terlanjur jatuh hati pada Jogja saat kunjungan pertama bulan Juni 2018 yang lalu. Saat itu saya mengambil cuti untuk lakukan perjalanan bareng Paksu tercinta. Jadi ceritanya, saya hanya mengambil cuti lima hari kerja. Selama masa cuti plus hari Sabtu dan Minggu saya dan Paksu ngebolang ke Jakarta, Jogja, Batu, Malang dan Surabaya. Waktunya sangat pendek, sehingga saat singgah ke Jogja kami hanya punya waktu hanya dua hari untuk melanjutkan perjalanan ngebolang.

Ceritanya nih, saya belum puas ngebolang di Jogja dan ingin mengulangi kembali main ke Jogja. Saya terlanjur jatuh cinta pada Jogja. Teman-teman penasarankah, apa yang membuat saya jatuh cinta pada kota Jogja? Petama, saat turun dari kereta dan menginjakkan kaki ditanah Jogya rasanya suasana hati sangat wellcome. Kedua, penduduknya ramah dan sering bertegur sapa kepada para wisatawanyang datang. Tutur sapanya dengan intonasi yang lembut membuat saya merasa nyaman. Ketiga, ngebolang seru di kota Jogja tidak menguras isi dompet. Saya bisa ngebolang hemat tanpa mengurangi makna.


Menyusun agenda tujuan destinasi yang akan dikunjungi di Jogja

Agar acara liburan menjadi efektif, tentunya sejak awal sudah kita susun agenda mau ke tempat mana saja yang akan dikunjungi. Nah berikut ini sudah saya susun agendanya ke mana saja, sebagai berikut:

1. Menyusuri jalan Malioboro yang fenomenal lalu nongkrong-nongkrong asyik di bangku taman yang tersedia di sepanjang jalan Malioboro. Duduk-duduk nongkrong asyik di bangku-bangku taman yang cantik sambil bersenda gurau dan memperhatikan orang yang lalu-lalang di keramaian yang ada. Kita bisa melihat kereta kuda (dokar) lalu lalang membawa penumpang yang melalui jalan Malioboro. Kereta kuda yang lalu lalang tersebut dihiasi dengan ornamen khas Jogja sehingga menjadi pemandangan yang seru untuk dinikmati.

2. Belanja batik di Pasar Beringharjo. Di pasar ini kita bisa membeli aneka batik dengan harga terjangkau. Walaupun harganya terjangkau tetapi tidak mengurangi kualitas bahannya loh! Belanja oleh-oleh batik di Pasar Beringharjo menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. Kalau Paksu doyan beli baju khas Jawa dan blankon. Kebiasaan Paksu kalau jalan-jalan di suatu tempat selalu belanja benda atau barang yang menjadi ciri khas daerah setempat.

3. Menikmati kuliner malam yang lapaknya banyak tersedia di sepanjang jalan Malioboro. Menikmati sajian gudeg Jogja yang lezat dari tempat asalnya tentulah memberikan sensasi yang lain. Di kota tempat tinggal saya ada yang menjual gudeg. Tapi menikmati gudeg di kota Jogja akan terasa lebih nikmat. Saya sengaja pilih waktunya untuk kulineran pada malam hari karena pada malam hari suasana sepanjang jalan Malioboro sangat ramai. Banyak wisatawan berkumpul dan menyusuri areal sepanjang jalan Malioboro. Suasana keramaian khas daerah wisata terasa sangat kental di seputaran jalan Malioboro.

4. Setelah selesai menikmati kulineran, saya akan lanjut menyusuri jalan Malioboro menuju ke lokasi Titik Nol. Di lokasi Titik Nol kota Jogja ini biasanya selalu ramai didatangi wisatawan untuk mengabadikan momen dengan berfoto ria.

5. Keraton Jogjakarta

6. Alun-alun Kidul

7. Taman Sari

8. Masjid Gede Kauman.


Memilih tempat menginap selama di Jogja

Berkunjung ke kota Jogja untuk berlibur tentunya butuh waktu selama beberapa hari agar bisa ngebolang sepuasnya. Nah tentunya kita harus cari tempat menginap sesuai dengan budget. Ada banyak pilihan Hotel di Jogja. Tetapi jangan sampai salah strategi memilih hotel yang mahal. Emak-emak kudu kekep dompet erat-erat nih kalau soal pengeluaran yang bisa menguras isi dompet. Untuk tempat menginap saya dan Paksu sepakat akan memilih Hotel Murah di Jogja

Untungnya di kota Jogya sudah banyak hotel-hotel murah yang sesuai dengan budget saya. Soal pemilihan hotel harus tepat sasaran dengan memilih yang harganya murah sehingga menghemat budget ngebolang. Menurut saya sih daripada uangnya dipakai untuk membayar harga hotel yang mahal lebih baik selisihnya dialihkan untuk membeli oleh-oleh saja.

Hotel dan pengipanan yang berada dalam jaringan RedDoorz menjadi pilihan saya nantinya. Harga hotel dalam jaringan RedDoorz sangat bersahabat dengan isi dompet saya. Namun dengan harga yang bersahabat tetap mengutamakan pelayanan yang maksimal kepada pelanggannya.

Duh rasanya sudah tidak sabaran lagi menantikan datangnya masa liburan pada akhir tahun mendatang. Semoga pandemik corona ini segera berlalu agar saya bisa menikmati momen kebersamaan dengan keluarga tercinta mengulangi liburan ke Jogya.

COMMENTS

BLOGGER: 5
  1. Sama mbak Rita, saya juga pengen ke Jogja. Tempat yang belum terealisasi untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

    BalasHapus
  2. Mpo ke Yogyakarta makan salak pondoh Kenyang apalagi pergi ke perkebunan langsung. Tapi was was juga kalau kebanyakan bab jadi susah

    BalasHapus
  3. Liburan ke suatu tempat memang bikin nagih ya Mbak. Saya kalai sudah suka banget bisa diulang ke sananya. Misalnya durasi 2019- awal 2020 ke KL bisa 3 kali, haha.. Sampe hapal rute bus goKL.

    Kalau teman saya bilang KL tempatnya gitu-gitu aja, saya malah keranjingan. Mungkin karena serumpun, bahasanya mudah dimengerti, jadi nyaman jalan sendirian dan gak takut kesasar

    BalasHapus
  4. Aku kok juga jadi kangen Jogja ya mba. Entah kenapa ya, berapa kali pun kesana kok ya tetap pengin balik again and again :)

    BalasHapus
  5. Aku jadi rindu jalan-jalan ke Jogja hiks. Dalam setahun pasti kesana 1-2x. Tapi apalah daya, sekarang hanya bisa memandangi foto2 dan baca tulisan Mbak untuk mengobati rasa rinduku.

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,12,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,27,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,Ragam Informasi,2,Ragam Kuliner,13,Review,7,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Rindu Liburan Seru ke Jogja
Rindu Liburan Seru ke Jogja
https://1.bp.blogspot.com/-YE3aTK4aLWE/XtNRqV63azI/AAAAAAAAEM4/ZtlAPa4eVdcg9_l_5mHExJiq4kyUa-1SwCLcBGAsYHQ/s320/20200531_131205_0000.png
https://1.bp.blogspot.com/-YE3aTK4aLWE/XtNRqV63azI/AAAAAAAAEM4/ZtlAPa4eVdcg9_l_5mHExJiq4kyUa-1SwCLcBGAsYHQ/s72-c/20200531_131205_0000.png
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2020/05/rindu-liburan-seru-ke-jogja.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2020/05/rindu-liburan-seru-ke-jogja.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy