Patuhi Protokol Kesehatan Saat Masa New Normal

Masyarakat harus patuhi protokol kesehatan saat masa new normal. Banyak yang salah kaprah dengan istilah new normal . Mereka menganggap new...

Masyarakat harus patuhi protokol kesehatan saat masa new normal. Banyak yang salah kaprah dengan istilah new normal. Mereka menganggap new normal adalah kembali seperti semula. Terkait dengan masa pandemi corona, masyarakat mengartikan new normal adalah menjalani aktifitas normal seperti keadaan sebelum pandemi. Tak heran banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan saat beraktifitas di luar rumah. Dikira sudah betul-betul aman dari pandemi corona. Pahahal sesungguhnya corona masih menjadi ancaman.




protokol kesehatan saat masa new normal
Protokol kesehatan harus dipatuhi saat masa new normal


Kebijakan New Normal


Kebijakan new normal diambil pemerintah setelah sebelumnya diberlakukan social distancing (pembatasan sosial). Kebijakan new normal bukan berarti kondisi sudah normal. Masa new normal artinya adanya kondisi dimana masyarakat diberikan kelonggaran untuk beradaptasi dengan kehidupan normal. Kota Palembang tempat saya bermukim saat ini juga pernah memberlakukan PSBB. Pemberlakuan tersebut seiring dengan wilayah kota Palembang termasuk zona merah penyebaran pandemi. Sempat menjadi zona orange beberapa saat. Namun kini kembali menjadi zona merah.

Itu artinya keadaan masih belum aman dari pandemi corona. Salah satu cara agar masyarakat tidak terkena virus corona adalah dengan mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah sangat berharap agar protokol kesehatan ini dipatuhi. Tapi sayangnya masih banyak yang menganggap remeh dengan aturan protokol kesehatan ini.


Patuhi Protokol Kesehatan 

Seiring dengan pemberlakuan masa new normal maka pemerintah mengeluarkan aturan protokol kesehatan. Ada tiga hal yang harus dilakukan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Tiga hal tersebut adalah memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak hindari kerumunan. Tiga hal tersebut sangat prinsip dan harus dipatuhi oleh masyarakat.

Saat masa new normal ini, kantor tempat saya bekerja juga mengharuskan para pegawai mematuhi protokol kesehatan. Kebetulan saya bekerja pada salah satu instansi pemerintah di kota Palembang. Selain menghimbau para pegawai harus mematuhi protokol kesehatan, pimpinan kantor masih melanjutkan kebijakan WFH dan WFO. Setiap hari pegawai yang masuk dibagi dua. Sebagian ada yang bekerja di rumah (Work From Home). Sebagian lagi ada yang bekerja di kantor (Work From Home).

Layanan Perpustakaan Menerapkan Protokol Kesehatan

Saya bekerja pada salah satu instansi pemerintah  yang membuka layanan perpustakaan. Baik petugas maupun pengunjung yang datang harus mengikuti protokol kesehatan. Bagi petugas yang berada di perpustakan, harus memakai masker dan face shield. Tersedia tempat cuci tangan dan hand sanitizer bagi pengunjung yang datang. Setiap pengunjung diperiksa suhu tubuh memakai thermometer infrared. Lalu mereka harus mencuci tangan pakai sabun dan menggunakan hand sanitizer. Setiap pengunjung wajib pakai masker. Tempat duduk dan meja baca pengunjung juga diatur jaraknya. Masing-masing pengunjung yang membaca ingin di tempat maka tempat duduknya berjarak. Ketika pengunjung pulang harus kembali mencuci tangannya keluar dari ruang perpustakaan.


Kesimpulannya nih, kita tidak pernah tahu kapan pandemi corona ini akan berakhir. Jujur, sayapun dibuat parno dan ketakutan dengan virus corona. Setiap hari selalu berdoa semoga saya dan keluarga terhindar dari virus ini. Alhamdulillah lingkungan keluarga, kantor dan tetangga belum terdengar ada yang terkena virus ini.

Semoga kita semua terhindar dari virus corona yang berbahaya dan mematikan. Jadi mari sama-sama kita mematuhi aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Ingatlah bahwa masa new normal bukan berarti kondisi aman dan tidak ada lagi virus corona ya! Saat masa new normal adalah masa adaptasi kepada tatanan kehidupan normal. Jadi sesungguhnya saat masa new normal adalah kondisi yang belum benar-benar normal.
Keep health ya!

COMMENTS

BLOGGER: 3
  1. Memang benar sekali, Mbak Rita. Jadi banyak yang salah kaprah soal New Normal ini. Bukan normal kembali, tapi memulai kehidupan normal dengan beberapa perubahan. Akhirnya banyak yang tidak pakai masker dan makin banyak yang kena virus corona.
    Termasuk layanan Perpustakaan dan juga pengunjung wajib sekali mematuhi protokol kesehatan ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan di tempat saya orang2 yg belanja ke pasar tambah ramai. Mereka mulai malas pakai masker, padahal itu salah satu protokol kesehatan berada di keramaian.

      Hapus
  2. Memang benar sekali, Mbak Rita. Jadi banyak yang salah kaprah soal New Normal ini. Bukan normal kembali, tapi memulai kehidupan normal dengan beberapa perubahan. Akhirnya banyak yang tidak pakai masker dan makin banyak yang kena virus corona.
    Termasuk layanan Perpustakaan dan juga pengunjung wajib sekali mematuhi protokol kesehatan ya mbak.

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,12,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,27,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,2,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Patuhi Protokol Kesehatan Saat Masa New Normal
Patuhi Protokol Kesehatan Saat Masa New Normal
https://1.bp.blogspot.com/-Yw99uNycuAE/Xxzzz6Z_PRI/AAAAAAAAEPQ/DBjbTL14CpMM_iVb8ypj97JF6hXEQ5DvwCLcBGAsYHQ/s320/Screenshot_2020_0726_074357.png
https://1.bp.blogspot.com/-Yw99uNycuAE/Xxzzz6Z_PRI/AAAAAAAAEPQ/DBjbTL14CpMM_iVb8ypj97JF6hXEQ5DvwCLcBGAsYHQ/s72-c/Screenshot_2020_0726_074357.png
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2020/07/patuhi-protokol-kesehatan-saat-masa-new.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2020/07/patuhi-protokol-kesehatan-saat-masa-new.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy