Yuk Mengoleksi UPK 75 Tahun RI

 Hai, Sahabat... Sebentar lagi kita akan memperingati ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Peringatan tahun 2021 ini usia kemerdekaan...

 Hai, Sahabat...

Sebentar lagi kita akan memperingati ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Peringatan tahun 2021 ini usia kemerdekaan negara kita genap 76 tahun. Apakah peringatan ulang tahun Kemerdekaan RI tahun ini akan diterbitkan kembali Uang Peringatan Kemerdekaan? Jawabannya "tidak" karena latar belakang menerbitkan uang peringatan kemerdekaan itu hanya untuk peristiwa bersejarah. Tahun 2020 yang lalu diterbitkan UPK 75 untuk memperingati pencapaian hasil pembangunan selama 75 tahun. Jadi bisa dipastikan  pada peringatan ulang tahun kemerdekaan tahun 2021 tidak akan ada penerbitan UPK. 




Apa itu UPK 75 Tahun RI?

UPK 75 adalah Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia dalam bentuk uang kertas pecahan 75 ribu rupiah. Sesuai dengan namanya, UPK 75 dicetak dalam bentuk uang kertas. Pada awal beredarnya UPK 75 tahun lalu, saya sempat penasaran dan bertanya dalam benak. "Apa sih UPK 75 yang bikin heboh?" Setelah berselancar di internet , saya mendapat informasi demikian. Saat itu terbersit keinginan untuk memiliki satu lembar UPK 75 Tahun RI. Namun karena telat informasi cara mendapatkannya akhirnya saya gagal mendapatkan UPK 75 Tahun RI tersebut.




Latar Belakang UPK 75 Tahun RI 

UPK 75 Tahun RI diterbitkan sebagai ungkapan rasa syukur dan anugerah pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Pemerintah berkeinginan mengabadikan pencapaian keberhasilan pembangunan tersebut melalui rekam jejak dalam bentuk terbitan UPK 75 Tahun RI.

Selain itu UPK 75 Tahun RI bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Ini adalah bentuk perwujudan dari kedaulatan negara dan memperkokoh persatuan bangsa.

Dengan diterbitkannya UPK 75 Tahun RI merupakan bentuk kebahagiaan yang dipersembahkan bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam memperingati kemerdekaan.


Bagaimana Mengenali Wujud UPK 75 Tahun RI?

Untuk mengenali wujud UPK 75 Tahun RI bisa dengan tiga cara, yaitu dilihat, diraba dan diterawang. Dengan ketiga cara tersebut kita dapat mengenali wujud UPK 75 Tahun RI dan mengetahui keasliannya.

UPK 75 Tahun RI bisa dikenali ciri-cirinya dengan DILIHAT. Ciri-cirinya:

1. Adanya Colour Shifting.

2. Adanya Latent Image.

3. Adanya Nomor Seri

4. Adanya Benang Pengaman.


Dengan cara DIRABA bisa dikenali sebagai berikut:

1. Ketika diraba maka permuakaan uang kertas terasa kasar.

2. Adanya kode tunanetra (blind code). 


Cara selanjutnya adalah dengan DITERAWANG, yaitu:

1. Ketika uang kerts diterawang kearah cahaya maka akan terlihat tanda air.

2. Adanya  gambar saling isi (rectoverso).

3. Ketika diterawang dengan sinar ultraviolet akan tampak benang pengaman yang tertanam dalam uang kertas ini. Terlihat juga tulisan "BI75" yang memendar secara berulang ketika diarahkan pada sinar ultraviolet.

4. Bisa juga menggunakan kaca pembesar pada gambar raster, yaitu pada gambar raster angka "75" dan tulisan "NKRI75". Gambar dan tulisan raster tersebut bisa dilihat dan terbaca bila menggunakan kaca pembesar.


Secara fisik ciri-ciri lainnya dari UPK 75 Tahun RI adalah berukuran panjang 161 (seratus enampuluh satu) milimeter dan lebar 65 (enampuluh lima) milimeter.


UPK 75 Tahun Bisa Digunakan Untuk Apa?

Pastinya sahabat yang membaca tulisan ini banyak yang bertanya sesungguhnya UPK 75 Tahun ini bisa digunakan untuk apa saja?

Terdapat 5 (lima) kegunaannya, yaitu:

1. Bisa digunakan untuk berbelanja berbagai kebutuhan.

2. Bisa digunakan untuk pemberian THR kepada sahabat dan handai taulan.

3. Bisa digunakan sebagai mahar perkawina.

4. Bisa digunakan sebagai media mengenalkan kebudayaan

5. Bisa disimpan sebagai koleksi.



Mungkin masih ada sahabat yang ragu akan keabsahan UPK 75 Tahun RI sebagai alat pembayaran yang sah. Parassahabat tidak perlu ragu dan khawatir dengan UPK 75 Tahun RI sebagai alat pembayaran yang sah. Sebab Pemerintah melalui Peraturan Bank Indonesia Nomor 22/11/PBI/2020 tentang Pengeluaran Uang Rupiah Khusus. Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa UPK 75 Tahun RI adalah alat pembayaran yang sah. Nah, sahabat bisa membelanjakan UPK 75 Tahun RI di toko atau gerai manapun sebagai alat pembayaran yang sah.


Bagaimana Cara Mendapatkan UPK 75 Tahun RI untuk Koleksi?

Keinginan seperti itu pernah terbersit dalam benak saya. Lantaran tertinggal informasi tahun lalu akhirnya saya gagal mendapatkan UPK 75 Tahun RI sebagai uang koleksi. Saya sudah gemar mengoleksi uang sejak masih usia SD. Kegemaran tersebut masih saya lakoni hingga sekarang.

Bagi sahabat yang ingin mendapatkan UPK 75 Tahun RI untuk koleksi bisa dengan mekanisme sebagai berikut: 

1. Mekanisme penukaran individu

2. Mekanisme penukaran kolektif.





Nah, apakah sahabat tertarik dengan UPK 75 Tahun RI untuk dikoleksi? Yuk segera lengkapi persyaratannya dan penuhi ketentuan yang telah ditetapkan. Selembar UPK 75 Tahun RI atau beberapa lembarnya akan berpindah ke tangan kalian untuk dikoleksi. Mengoleksi mata uang bersejarah seperti ini nilainya akan menjadi mahal karena jumlah edarnya yang terbatas dan punya nilai historis. 

COMMENTS

BLOGGER
scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,13,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,27,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,2,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Yuk Mengoleksi UPK 75 Tahun RI
Yuk Mengoleksi UPK 75 Tahun RI
https://1.bp.blogspot.com/-ffnr0FFHJgI/YJQR9tuqL3I/AAAAAAAAEcA/z-kNABtuV0cllh8EKL8bn76evOLxFeVcwCLcBGAsYHQ/s320/Gambar%2BTulisan%2BBI.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ffnr0FFHJgI/YJQR9tuqL3I/AAAAAAAAEcA/z-kNABtuV0cllh8EKL8bn76evOLxFeVcwCLcBGAsYHQ/s72-c/Gambar%2BTulisan%2BBI.jpg
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2021/05/yuk-mengoleksi-upk-75-tahun-ri.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2021/05/yuk-mengoleksi-upk-75-tahun-ri.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy