Ragam Kuliner Palembang yang Sehat dan Banyak Digemari

Hai, Sahabat, bagaimana kabar kalian saat ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya! Mengingat saat ini sedang pandemi penyakit menular pent...





Hai, Sahabat, bagaimana kabar kalian saat ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya! Mengingat saat ini sedang pandemi penyakit menular penting untuk lakukan protokol kesehatan. Selain itu penting pula mengelola gaya hidup sehat yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ngomongin soal gaya hidup sehat, hal yang yang seperti apa yang perlu diterapkan? Yang pertama nih, pastinya mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi. Kedua, berolahraga secara teratur. Ketiga, cukup istirahat. Keempat, mengelola emosi agar terkontrol. Kelima, hindari hal-hal yang bisa membuat diri kita stres. Itu gaya hidup sehat ala diriku loh. Kalau Sahabat ada pola sendiri yang lebih mengena untuk diterapkan monggo ya, silakan diterapkan. Yang penting kita tahu tujuannya sama yaitu demi bisa hidup sehat.

Pastinya mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi adalah hal utama demi bisa hidup sehat. Bayangkan kalau makanan yang kita konsumsi tidak memenuhi standar nutrisi yang dibutuhkan? Tubuh akan mengalami kekurangan nutrisi. Nutrisi yang dibutuhkan tersebut seperti protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin dan unsur air. Kandungan nutrisi tersebut dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Tubuh yang bernutrisi pastinya akan membuat kita sehat dan bugar untuk melakukan aktivitas keseharian.

Nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Tubuh manusia memerlukan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan unsur air. Ketercukupan unsur nutrisi tersebut haruslah berimbang. Kalau kelebihan atau terjadi kekurangan kebutuhan nutrisi dipastikan akan berpengaruh pada fungsi-fungsi organ tubuh.

Salah satu nutrisi yang sangat penting adalah unsur protein. Sumber protein bisa diperoleh dari protein hewani dan nabati. Telur, daging, ikan dan susu adalah contoh sumber protein hewani yang bisa kita peroleh dengan mudah. Untuk mendapatkan telur, daging, ikan dan susu bisa kita peroleh di pasar tradisonal maupun di toko swalayan besar. Sementara sumber protein nabati seperti kacang-kacangan,  tahu, tempe dan susu kedelai juga bisa ditemukan di pasar tradisonal maupun swalayan. Jadi untuk jaman seperti saat ini tidaklah sulit menemukan bahan makan yang mengandung protein.

Bahan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin juga bisa dengan mudah kita temukan. Kita bisa membuat daftar makanan sehari-hari dalam satu minggu. Lalu variasikan bahan dan kemas racikan bumbu-bumbunya agar tercipta makanan yang enak disantap. Kita bisa meracik bahan makanan dengan racikan bumbu sesuai dengan selera dan kreasi masing-masing. Dijamin deh bakal menghasilkan makanan yang bercita-rasa yummy loh. Bakal membangkitkan selera untuk menyantap sajian yang dihidangkan sebagai menu makanan sehari-hari.  

Ragam kuliner Palembang yang kaya protein

Ngomongin soal makanan nih, kuliner Palembang punya beragam jenis makanan yang enak-enak dan kaya akan protein. Ada banyak jenis makanan kuliner Palembang, seperti:

1. Aneka Pempek dan turunannya, seperti tekwan, model, celimpungan dan laksan. Kuliner ini terbuat dari bahan utama kan dan sagu. 

2. Mie Celor. Kuliner yang satu ini tak kalah enaknya untuk disantap. Bahan utama mie celor terbuat dari terigu dan telur yang kaya akan nutrisi protein dan karbohidrat.

3. Martabak HAR. Kuliner ini juga sangat digemari kalangan masyarakat kota Palembang maupun pendatang. Kandungan bahan martabak HAR terbuat dari terigu yang kaya akan nutrisi protein dan juga karbohodrat. 


Pempek kuliner khas Palembang


Pempek Palembang dan Keanekaragaman Pangan Lokal Indonesia

Pempek adalah salah satu kuliner khas Palembang yang sangat terkenal. Kalau menyebut kata Palembang pasti yang teringat dalam benak orang adalah pempek. Saking terkenalnya pempek ini bisa menjadi ikon kuliner. Demikian juga ketika menyebut pempek yang teringat adalah kota Palembang. Pempek dan kota Palembang ibarat dua sisi mata uang yang tak terpisahkan.

Pempek terdiri dari banyak ragam turunannya loh! Ada tekwan, model, celimpungan dan laksan. Semua kuliner tersebut berbahan dasar ikan dan sagu. Sebagai aset kuliner pangan lokal, pempek dan turunannya merupakan bentuk diversifikasi pangan. Yang mana diversifikasi pangan adalah kunci ketahanan pangan.

Kuliner pempek tak lepas dari budaya masyarakat Palembang. Sahabat, pasti kalian pernah mendengar guyonan seperti ini, "Orang Palembang itu sarapannya minum cuko pempek loh!" Oalah, pagi-pagi sarapan dengan minum cuko pempek apa tidak membuat sakit perut? Orang luar pasti mengira perilaku itu tidak lazim. Nyatanya orang Palembang sarapannya menghirup cuko pem ek tetap sehat loh! Artinya, sarapan pagi dengan pempek dan menghirup cuko sudah menjadi identik dengan budaya masyarakat setempat. Kalaupun orang luar menganggap ini adalah kebiasaan yang tidak lazim tetapi bagi masyarakat setempat malah sebaliknya. Sarapan pagi tanpa makan pempek dan menghirup cuko adalah sesuatu yang lazim. Artinya tidak ada yang aneh dengan kebiasaan tersebut.

Sepertinya lidah orang Palembang memang melekat sudah satu hati dengan pempek dan cuko. Saya pernah merasakan pengalaman dimana sangat merindukan pengen sekali makan pempek. Ketika itu saya sedang di luar kota untuk suatu pekerjaan dinas selama sembilan hari. Sebagai orang Palembang yang sehari-harinya selalu akrab dengan pempek tiba-tiba mulut terasa gak enak karena tdak makan pempek. Saya sampai harus menacri kedainya di sebuah mal demi makan pempek yang saya idamkan saat itu. 

Keberadaan kuliner pempek juga menjadi penopang ekonomi masyarakat setempat. Banyak masyarakat yang mata pencahariannya ditopang oleh usaha kuliner pempek dan turunannya. Begitu dahsyatnya kekuatan kuliner pempek dan turunannya sampai bisa memberi penghidupan bagi warga setempat.

Pempek dan turunannya mampu memberi peluang ketahanan pangan yang kuat. Dimana harus ada ketersediaan bahan baku pempek yang cukup sehingga bisa memenuhi unsur ketercukupan nutrisi yang diperlukan oleh orang dan keluarga. Ketersediaan bahan baku pempek cukup melimpah. Aneka ikan sungai maupun ikan laut cukup melimpah di negeri kita. Tinggal bagaimana kita bisa mengolahnya menjadi kuliner yang sarat protein sehingga memenuhi unsur nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Tidak mesti menjadi orang Palembang loh yang doyan pempek dan turunannya. Sahabat di seluruh pelosok tanah air juga bisa menikmati makan pempek dan turunannya. Kalian bisa meramu racikan bumbu dan mengolah bahan baku ikan dan sagu. Membuatnya juga cukup mudah. Berikut ini resep pempek Palembang yang mudah dibuat. Siapkan 500 gram daging ikan giling sebagai bahan utama. Sagu 300 gram, garam setengah sendok makan, telur satu butir, tiga siung bawang putih dan air secukupnya. Cara membuatnya: Daging ikan giling dicampur dengan air sedikit demi sedikit alu uleni dengan sagu. Tambahkan garam, bawang putih yang sudah dihaluskan dan telur. Uleni terus sampai semua bahan tercampur rata. Jangan terlalu lama menguleni karena kalau terlalu lama pempeknya akan bertekstur kenyal dan keras. Setelah itu bentuk adonan menjadi pipih memanjang. Lalu rebus hingga matang. Jadi deh pempek lenjer khas Palembang. Selamat mencoba ya, Sahabat...

Daftar pustaka:

https://www.sehatq.com/artikel/ini-6-nutrisi-yang-diperlukan-tubuh-asupannya-datang-dari-makanan-bergizi

https://health.kompas.com/read/2020/06/09/100000368/17-makanan-yang-mengandung-protein-tinggi?page=all

https://tirto.id/apa-itu-ketahanan-pangan-pilar-dan-strategi-pemerintah-indonesia-gbQT

https://www.kompas.com/food/read/2020/08/13/091600875/resep-pempek-palembang-bisa-untuk-jualan-online

COMMENTS

BLOGGER
scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,13,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,27,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,2,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Ragam Kuliner Palembang yang Sehat dan Banyak Digemari
Ragam Kuliner Palembang yang Sehat dan Banyak Digemari
https://1.bp.blogspot.com/-DdHldiskSgg/YRKyHx8vJkI/AAAAAAAAEl4/ay0vJgt55x4LD-bczNIljBgeWICJdkylgCLcBGAsYHQ/s320/gambar%2B2%2Bpempek%2Bartikel%2Bjob.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DdHldiskSgg/YRKyHx8vJkI/AAAAAAAAEl4/ay0vJgt55x4LD-bczNIljBgeWICJdkylgCLcBGAsYHQ/s72-c/gambar%2B2%2Bpempek%2Bartikel%2Bjob.jpg
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2021/08/ragam-kuliner-palembang-yang-sehat-dan.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2021/08/ragam-kuliner-palembang-yang-sehat-dan.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy