IKLAN

Senin, 26 Maret 2018

Bekal Sehat Gizi Seimbang So Good Untuk Ke Kantor


       Kunci untuk hidup sehat sebetulnya mudah saja. Bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat yang cukup dan mengindari stres. Secara umur saya hampir memasuki setengah abad, tentu saja kunci tersebut harus saya taati. Kalaupun tak sepenuhnya, minimal saya patuhi.



       Aktifitas saya sehari-hari banyak di luar rumah. Kebetulan saya seorang ibu yang bekerja di kantor pemerintah. Jam kerja mulai pukul 07.30-16.00 WIB. Kalau hari Jumat malah pulangnya lebih telat lagi, yaitu pukul 16.30. Yang namanya bekerja di kantor pastilah banyak hal-hal yang membuat stres. Apalagi ketika pekerjaan sedang banyak volumenya. Bisa bikin stres tuh! Kiatnya agar tidak stres adalah saya nikmati saja ritme kerja, sehingga saya bisa meminimalisir kalau ada hal-hal yang membuat tak nyaman.

     Satu hal lagi agar tidak stres, nikmatilah hidup ini dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Misal, saya hobinya blogging. Selain itu saya suka baca. Akhir-akhir ini saya hobi menulis cerita anak. Untuk mewujudkannya bahkan saya ikut kelas online. Begitulah cara saya menikmati hidup dan mencari kesenangan. 

       Kalau minggu pagi, saya menyempatkan diri jalan santai di seputaran rumah bersama suami. Hal-hal kecil yang dilakukan bersama pasangan bisa menjadi mood booster agar hidup nyaman terhindar stres. Menikmati malam minggu dan rekreasi adalah cara kami menikmati me time berdua.

       Nah, ngomongin masalah stres, saya orangnya gampangan stres. Sedikit saja ada hal yang mengganggu pikiran pasti saya stres. Pekerjaan kantor yang membuat saya tertekan pun bisa mengganggu pikiran. Pernah suatu waktu, saking tertekannya saya sampai tidak nafsu makan. Ujung-ujungnya maag saya kambuh, lantaran tidak nafsu makan. Bahkan saya sampai sakit dan memerlukan pengobatan dari dokter.

       Sejak saat itu, urusan makan menjadi perhatian saya. Mesti sarapan dulu di rumah sebelum berangkat kerja. Perut tak boleh kosong. Kalau terasa lapar mesti makan cemilan. Makan siang tak boleh telat. Kalau telat makan perut saya begah dan kembung.

         Yang menjadi masalah nih, saya orangnya memang tidak doyan makan. Porsi makan saya pun sedikit. Pernah ada teman yang sampai nanya begini, "Duh, koq makannya sedikit sekali? Lagi diet ya?" Hmm..boro-boro mau diet, body saya saja sudah langsing, haha... Saya juga orangnya tidak suka ngemil atau jajan. Entah terbuat dari apa perut saya, sedikit makan dan tak suka ngemil. Sementara kebanyakan teman saya itu doyan makan dan ngemil.

       Ngomongin soal makan, sejak saya kena maag, saya jadi rajin bawa bekal makanan. Baik itu kue atau roti. Kalau perut saya mulai nagih, saya sudah punya makanan untuk dikunyah. Sebelum kena maag, saya pernah heran melihat rekan kerja bawa bekal lengkap. Saat jam menunjukkan pukul 9 pagi, dia buka bekalnya dan makan. Saya tanya, "Pak, sudah buka bekal ya? Tapi ini masih pagi lho, Bapak sudah makan nasi?" Teman saya itu menjawab begini, "Itulah Bu kalau sudah punya penyakit maag, kelihatannya lucu ya jam segini saya sudah makan berat. hehe.. Karena perut saya tidak boleh kosong. Terus makannya juga harus buatan isteri, isteri saya sudah tahu betul mana yang boleh saya makan mana yang tidak, hehe.."
 

Sumber: So Good


       Nah, sekarang saya mengalaminya sendiri. Agar maag tidak kambuh, saya sering bawa bekal ke kantor. Saya bawa bekal yang sederhana saja dan menunya tidak ribet. Walaupun menu sederhana tetap memperhatikan kecukupan gizi seimbang. Untuk satu kali bekal yang saya siapkan, harus mengandung protein, buah, sayuran dan karbohidrat.


Bekal sehat yang saya bawa ke kantor


      Saya tidak punya waktu banyak untuk masak pagi hari, karena mesti ke kantor. Cara mengakalinya, saya beli makanan siap saji yang praktis. Pilihan saya jatuh pada produk So Good. Sebetulnya ada banyak varian, tetapi saya memilih varian So Good Chicken Cuts. Varian ini lebih praktis karena ayam potongnya sudah berbumbu. Tinggal panaskan wajan dan goreng dalam minyak yang panasnya sedang. Kalau suhunya terlalu panas nanti tampilan ayamnya kurang menarik, seperti gosong.




       Agar tidak eneg, saya membuat sambal nanas tumis sebagai cocolannya. Makan siang dengan ayam goreng berbumbu dari So Good terasa mantap dicocol pakai sambal nanas tumis. Untuk makan siang di kantor saya sering bawa bekal seperti ini. Sehat dan praktis lagi. Kalau teman-teman mau mencoba bikin sambal nanas tumis ala saya, berikut ini resepnya.


Bahan untuk membuat sambal nanas tumis



       Bahan yang mesti disiapkan: cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula merah/gula putih dan garam. Siapkan satu buah nanas madu ukuran sedang. Cara membuatnya: pertama blender terlebih dahulu buah nanasnya. Setelah itu blender juga cabai, bawang merah dan bawang putih secara bersamaan. Panaskan minyak dalam wajan. Masukkan cabai, bawang merah dan bawang putih yang sudah diblender. Tambahkan gula merah atau gula putuh dan garam sesuai selera. Lalu masukkan nanas yang sudah diblender ke dalam wajan. Bila sudah mengental angkat dan siap dihidangkan, dicocol sama ayam goreng berbumbu dari So Good. Tertarik untuk mencobanya? Silakan...
          
      

48 komentar:

  1. Enak deh So Good Chicken Cuts ini. Tinggal goreng sudah siap disantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. Tinggal digoreng aja dan cocol sama sambal nanas tumis enak banget Mba..

      Hapus
  2. Setuju dengan mbak Rita bahwa kunci hidup sehat yaitu makan makan bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup dan menghindari stress. Bila salah satu saja tidak dijalankan maka akan muncul gejala lain seperti sakit. Jadi sebelum sakit itu datang kita harus menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba, hanya dari diri kita sendiri yg mengontrol gaya hidup agar tetap sehat.. Btw, mksh sudah mampir ya..

      Hapus
  3. Mba rita maulah nggak doyan makan n nggak doyan ngemil..hiks aku mah berlebihan malah. Emang harus nerapin gizi seimbang. Apalagi udah ada bnyak varian makanan cepat saji yg sehat kayak so good ini. Aku jg suka ayam berbumbu karena nggak ribet hehe

    BalasHapus
  4. Maag memang menyiksa, tapi kalau makan sambal terasa nikmat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambal buatan send it in cabainya jangan banyak2.. Hehe

      Hapus
  5. Duh seger banget deh So Good dipadu sambel Nenas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups.. Memang seger banget MBA Dan gak eneg.. Saya kan maag jadi cabainya dikit aja..

      Hapus
  6. Memang praktis ya masaknya sebelum kerja, tinggal cemplung di minyak, beres. Gizinya juga oke

    BalasHapus
  7. So Good seperti nya sudah bisa menarik hati setiap anak dan emak2nya. Terbukti semua suka produk SoGood :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Mgkn krn inovasi varian dan rasanya yg bisa diterima kalangan emak2 dan anak2nya ya Mba. M

      Hapus
  8. Hmm, mendadak saya adi pingin sambal nanasnya, pasti asem-asem pedes gitu yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss. ..asem2 pedas.. Tapi kalo mau lebih pedas lg tinggal nambahin jumlah cabainya aja Mba..

      Hapus
  9. So good emang pilihan untuk yang mager masak, karena tinggal goreng aja udah jadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iua Mba, praktis deh tinggal goreng aja krn sudah berbumbu..

      Hapus
  10. So good nugget dari dulu jadi favorit saya, hihi. Enak dan praktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, So Good byk variannya.. Yg nugget jg enak..

      Hapus
  11. Wah sambal nanas. Boleh tuh. Hemat pengeluaran kalau bawa makanan dari rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, bawa bekal dari rumah bs ngirit pengeluaran..

      Hapus
  12. KAdang aku mengalami kebingungan nih mba buat bikin bekal. Asiknya skarang ada SO Good ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sejak ada So Good gak susah lg kalo mau baaa bekal. .

      Hapus
  13. Bekal paling simpel buat ke kntor itu emang buatan so good mbak. Sekali masak, langsung jadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba, pake So Good jadi mudah kalo mau bawa bekal..

      Hapus
  14. Harus jaga makan ya mbak apalagi klo maag, duh menyisa banget. Btw so good emang enak banget yaa

    BalasHapus
  15. Jadi penasaran pengen coba bikin sambal nanas. Makasih resepnya mbak.. Ntar aku nyontek yaaa...

    BalasHapus
  16. hidup sehat sebenarnya mudah, hanya saja masih sering kita anggap sepele dan lalaikan ya, btw pagi-pagi jadi laper nih liat bekelnya mba rita hihi

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah nyoba varian so good yang begini. Hmm, emang kalau working mom hrs ttp menjaga gizi walau sesibuk apapun ya. Ah selalu salut luar biasa dg ibu yg bisa manajemen waktu. :)

    BalasHapus
  18. Wah penasaran sama rasanya sambal nanas tumis :D Asem2 pedes enak gtu kali ya :D
    Makasih resepnya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba bikinnya Mba biar gak penasaran lg. .Hehe

      Hapus
  19. Menghindari stres yg agak susah mbak.. Hahahaa
    tapi susah bukan berarti nggak bisa yaa..

    BalasHapus
  20. Menu nya menarik mbak, aku belum pernah coba sambal nanas..

    BalasHapus
  21. Oh pantes mba Rita look slim ternyata ga doyan makan ya mba,antimainstream banget deh, ga usah susah2 diet yak,hihihi... Enak dunk mba klo mba menerapkan makan pakai pedoman gizi seimbang, krn porsinya cukup kecil buat yg doyan makan tapi cukup mengenyangkan buat yang ga doyan makan kaya mba.... Btw, So Good sekarang sehat banget ya krn ga pakai pengawet. Makin cocok buat pelengkap gizi seimbang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keuntungannya body slim memang kita perlu diet2an Mba.. Hehe.. Saya hemat beli baju krn dari jaman dulu sampe skrg baju2 lama masih bisa saya pakai. Hihi.. Btw, Mksh atas kunjungan dan atensinya ya Mba..

      Hapus
  22. Mba Ritaaa...kagum aku.
    Mba Rita kerja dan masih masak makanan gizi seimbang untuk keluarga.

    MashaAllah...
    Ingin icip masakan mba Ritaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diatur2 aja menunya Mba, kalo jajan terus kan gak sehat jg kantong saya, hehe

      Hapus
  23. Makanan emang faktor penting untuk menjaga kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss betul sekali Mba.. Btw, mksh atas atensinya ya. .

      Hapus
  24. Praktis bgt ini memang so good chicken cuts, aku suka beli kalo pas anak2 pingin makan pake ayam bikinan emaknya 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, ini praktis banget.. Hehe

      Hapus
  25. Akhirnya kebwli juga so good lalu dalam beberapa hari zaja sudah lesap. Habis tak bersisa. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Sama kayak saya dlm 2 hari So Good sdh habis, hehe. .

      Hapus
  26. wah, yang chicken cuts ini ternyata ayamnya sudah berbumbu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyq Mba, varian yg ini sdh berbumbu, tinggal digoreng aja..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...